Breaking News:

Berita Tana Tidung Terkini

BPS Tana Tidung Ungkap Pertumbuhan Ekonomi KTT Positif, Umar Riyadi: Tahun 2022 Capai 4,45 Persen

Ekonomi KTT bertumbuh positif sejak triwulan tiga 2021 hingga triwulan 3 2022, Kepala BPS Tana Tidung Umar Riyadi sebut tahun 2022 capai 4,45 persen.

Penulis: Risnawati | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM / RISNA
Kepala BPS Tana Tidung, Umar Riyadi ungkap, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tana Tidung tahun 2022 capai 4,55 persen. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANA TIDUNG - Badan Pusat Statistik Atau BPS Kabupaten Tana Tidung mengungkapkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tana Tidung menunjukkan tren positif.

Kepala BPS Tana Tidung, Umar Riyadi menyampaikan, progres ekonomi Tana Tidung dari triwulan 3 tahun 2021 hingga triwulan 3 tahun 2022 tumbuh sebesar 4,45 persen.

Jika dibandingkan dengan triwulan tiga dengan triwulan sebelumnya di tahun yang sama, progres pertumbuhan ekonomi Tana Tidung capai 2,15 persen.

"Jadi sepanjang 3 bulan itu ekonomi di Tana Tidung tumbuh sebesar 2,15 persen. Tapi secara umum, kinerja ekonomi dari triwulan 3 tahun 2021 sampai dengan triwulan 3 tahun 2022 tumbuh sebesar 4,45 persen," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: 109 Peserta Seleksi PPK Lolos Seleksi Administrasi, KPU KTT: Tak Ikut Tes Tertulis Dianggap Gugur

Adapun penyumbang terbesar pertumbuhan ekonomi Tana Tidung ini didukung oleh pengadaan listrik dan gas.

Yang mana pengadaan listrik dan gas di Tana Tidung ini mencapai 19,58 persen.

"Memang kita lihat, pemasangan pipanisasi, jaringan listrik, dan sebagainya juga semua berjalan seperti itu," terangnya.

Meski demikian, jika dibandingkan dengan daerah lainnya di Kalimantan Utara. Pertumbuhan ekonomi Tana Tidung menjadi yang terkecil dari daerah lainnya.

Pertumbuhan ekonomi tertinggi di Kalimantan Utara pada triwulan 3 tahun 2022 ini, dipegang oleh Tarakan dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,56 persen.

"Urutannya itu, pertama Tarakan, diikuti Nunukan, kemudian Bulungan, setelah itu Malinau, dan terakhir itu Tana Tidung," sebutnya

Pertumbuhan ekonomi ini, cukup dipengaruhi oleh jumlah penduduk. Yang mana, salah satu penggerak ekonomi adalah masyarakat.

Baca juga: 24 Cabor di KTT Ikuti Porprov Kaltara, Pemkab Gelontorkan Rp 1 Miliar untuk Penuhi Kebutuhan Atlet

Semakin banyak jumlah penduduk di suatu daerah, tentunya akan menjadi potensi terpacunya pertumbuhan ekonomi.

"Perekonomian di tahun 2022 ini juga mulai menunjukkan gairah dibadingkan tahun-tahun sebelumnya selama Covid-19," katanya.

"Saya sih berharap, bagaimana di Tana Tidung ini bisa menciptakan peluang-peluang usaha, sehingga pertumbuhan ekonomi kita juga terus tumbuh," pungkasnya

Penulis: Risna

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved