Pemindahan IKN

Tak Mau Ketinggalan dengan Pembangunan IKN Nusantara, Ini Permintaan Pemkab PPU ke Pemerintah Pusat

Tak mau ketinggalan dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, Pemkab Penajam Paser Utara minta pemerintah terbitkan aturan khusus.

Editor: Sumarsono
dok Nyoman Nuarta
Desain Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang mulai dibangun di wilayah Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. (dok Nyoman Nuarta) 

TRIBUNKALTARA.COM, PENAJAM – Tak mau ketinggalan dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, Pemkab Penajam Paser Utara minta pemerintah pusat terbitkan aturan khusus.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara sudah meminta diterbitkan regulasi khusus dari pemerintah pusat agar perkembangan di daerah sebagali lokasi IKN Nusantara bisa ikut berkembang.

Kepala Bagian Pembangunan Pemkab Penajam Paser Utara Nicko Herlambang mengatakan, ada beberapa hal yang akan disampaikan kepada pemerintah pusat, diantaranya dalam bentuk regulasi khusus.

Regulasi khusus itu antara lain mengenai pembangunan beberapa ruas jalan, serta peningkatan cakupan layanan air bersih agar setara dengan IKN Nusantara.

"Harusnya ada aturan khusus agar kami tidak jauh tertinggal," ungkapnya, Jumat (9/12/2022).

Menurut Nicko, pemerintah pusat saat ini sudah menyiapkan pemenuhan kebutuhan air bersih di IKN Nusantara, terlihat dengan adanya Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku.

Baca juga: Pembangunan IKN Nusantara Buka Peluang Bisnis bagi Pelaku UMKM di Kalimantan Timur

Dengan kondisi tersebut, dipastikan seluruh warga yang menetap di sana akan tercukupi air bersih.

Sementara di Benuo Taka sebagai daerah asal, hanya terakomodir 20 persen dari total jumlah penduduk yang mencapai 180 ribu lebih.

Jangkauan layanan air bersih tersebut, lanjut Nicko masih terbilang rendah.

Belum lagi, potensi pertambahan penduduk yang diperkirakan akan mencapai sebanyak 250 ribu jiwa.

"Pemenuhan jaringan kami baru sampai 20 persen, dengan jumlah penduduk lebih dari 180 ribu," jelasnya.

Nicko juga menjelaskan, air bersih merupakan yang paling mendesak untuk segera dipenuhi.

Presiden RI Joko Widodo sesaat mengunjungi Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (22/6/2022).
Presiden RI Joko Widodo sesaat mengunjungi Bendungan Sepaku Semoi, Kabupaten Penajam Paser Utara, Rabu (22/6/2022). (TRIBUNKALTIM.CO/ ADE MAYASANTO)

Aspirasi ini juga akan segera disampaikan kepada pemerintah pusat dalam hal ini Bappenas, dan harapannya bisa segera diakomodir.

"Bappenas menjanjikan akan ke sini (PPU). Nanti kami akan tunjukkan kondisi seperti ini. Harus ada perlakuan khusus untuk warga kami," pungkasnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved