Berita Bulungan Terkini

Sambut Bonus Demografi PT PKN Gandeng Institusi Pendidikan Persiapkan SDM Kompeten di Bulungan

PT PKN menyiapkan Sumbera Daya Manusia atau SDM yang berkompenten di Bulungan, Kalimantan Utara dengan berikan beasiswa pendidikan.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Direktur PT PKN Tria Suprajeni dan Direktur SEAQIS Dr Indrawati (berbaju putih) saat menandatangani kerja sama pendidikan dan pengembangan SDM di Bulungan, di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (17/1/2023). 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN - Sumber daya manusia (SDM) yang kompeten menjadi kunci untuk menjawab tantangan di masa depan. Penyiapan SDM menjadi tahapan penting agar bonus demografi yang diperkirakan terjadi pada tahun 2030 mendatang dapat dimanfaatkan.

Di Bulungan, Kalimantan Utara, langkah penyiapan SDM tidak hanya datang dari pemerintahan, sektor swasta salaha satunya seperti PT PKN juga terlibat dalam langkah tersebut.

Direktur PT PKN Tria Suprajeni menjelaskan upaya mempersiapkan SDM yang kompeten dilakukan dengan memberikan sejumlah program pemberdayaan masyarakat serta beasiswa pendidikan.

Baca juga: Program Beasiswa PT PKN ke 94 Mahasiswa Bulungan, Kades Metun Sajau Reptoser Njau Beri Apresiasi

Tak hanya itu, sejumlah program kerja sama pelatihan dan pendidikan juga dilakukan antara PT PKN dengan sejumlah institusi riset dan pendidikan serta akademisi.

Seperti Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Centre for Quality Improvement for Teacher and Education Personnel in Science (SEAQIS), Politeknik Negeri Jember (Polije), Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia Jember (Puslitloka), dan SMKN 2 Tarakan.

"Ini tekad kami untuk bersama-sama mengembangkan masyarakat sehingga penyiapan SDM Bulungan bisa dimulai dari saat ini," kata Tria Suprajeni.

Baca juga: 94 Pelajar Terbaik SMA dan SMK Bulungan Dapat Beasiswa dari PT PKN, Lanjutkan Perguruan Tinggi

"Karena memang penyiapan SDM itu tidak instans, butuh waktu paling tidak 5-10 tahun. Jadi ini adalah bagian dari networking untuk bisa memberikan manfaat bagi semua," ungkapnya.

Terpisah, Direktur SEAQIS Dr. Indrawati mengatakan kerja sama dengan institusinya akan berfokus pada pelatihan dan pendidikan bagi tenaga pendidik di Bulungan.

Dengan pelatihan itu, diharapkan tenaga pendidik dapat menghasilkan siswa siswi yang kompeten dalam pemecahan masalah, khususnya permasalahan di lingkungan sekitar.

Direktur PT PKN Tria Suprajeni dan Direktur SEAQIS Dr Indrawati (berbaju putih) saat menandatangani kerja sama pendidikan dan pengembangan SDM di Bulungan, di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (17/1/2023).(TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI)
Direktur PT PKN Tria Suprajeni dan Direktur SEAQIS Dr Indrawati (berbaju putih) saat menandatangani kerja sama pendidikan dan pengembangan SDM di Bulungan, di Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (17/1/2023).(TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI) (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

"Rencananya untuk di 10 kecamatan di Bulungan, prioritas memang guru sains tapi untuk team work tidak hanya guru sains saja bisa juga dengan guru matematika dan lainnya," kata Dr. Indrawati, Selasa (17/1/2023) malam.

"Jadi konsep kami ini tidak hanya short course, tapi juga pendampingan yang berkelanjutan, dan konten-kontennya berbasis pada peningkatan kompetensi siswa untuk memecahkan masalah di sekitar seperti pertanian dan perkebunan," ujarnya.

Adapun Pemkab Bulungan menghargai langkah kerja sama yang diinisiasi oleh PT PKN dengan menggandeng sejumlah akademisi dan institusi riset pendidikan.

Baca juga: Perusahaan Tambang Batubara PT PKN Buka Lowongan Kerja untuk 12 Formasi, Ini Rincian dan Cara Daftar

Menurut Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan Setkab Bulungan Errin Wiranda kerja sama tersebut diharapkan mampu mengubah pola pikir masyarakat sekaligus mempersiapkan SDM di Bulungan di masa mendatang.

"Kami tentu apresiasi kerja sama ini karena ini sejalan dengan visi pentahelix dari Pemkab Bulungan," kata Errin Wiranda.

"Karena memang kita harapkan ada perubahan pola masyarakat kita termasuk untuk mempersiapkan kehadiran industri di KIPI. Selain itu, potensi perkebunan kakao dan kopi di Bulungan juga luar biasa karena itu dengan adanya kerja sama ini sangat baik untuk mengembangkan potensi itu," tutur Errin.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved