Berita Tarakan Terkini

Kota Tarakan Resmi Punya Gedung Labkesda Sendiri, Pengiriman Sampel tak Perlu Keluar Kaltara

menggantikan gedung Puskesmas Gunung Lingkas yang lama. Kota Tarakan akhirnya memiliki gedung Laboratorium Kesehatan Daerah, di Jalan P Antasari.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
DOKUMENTASI HUMAS PEMKOT TARAKAN
Pembangunan Gedung Labkesda rampung dan diresmikan pada 26 Januari 2023. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kota Tarakan akhirnya memiliki gedung Laboratorium Kesehatan Daerah ( Labkesda) sendiri berlokasi di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Gungung Lingkas Kota Tarakan.

Sebelumnya, gedung Labkesda Tarakan berdiri di Jalan Yos Sudarso kemudian berpindah ke Jalan Aki Balak komplek RSUKT dan per akhir Januari 2023 kemarin, gedung Labkesda yang baru di Jalan Pangeran Antasari, Kelurahan Pamusian diresmikan.

Gedung Labkesda berdiri di atas lahan pemkot menggantikan gedung Puskesmas Gunung Lingkas yang lama.

Dikatakan Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes saat ini untuk Labkesda proses dilakukan penambahan alat pemeriksaan laboratorium baru dan diharapkan bisa menjadi rujukan di Kalimantan Utara.

Baca juga: 500 Pelaku UMKM akan Dapat Bantuan BPJS Ketenagakerjaan Setahun, DKUKMP Tarakan Proses Pendataan

Kata Wali Kota Tarakan, pembangunan gedung Labkesda ini dapat representatif seperti standar ruangan dan alat yang digunakan dibanding alat yang lama.

“Selain itu Labkesda ini juga memiliki tempat yang strategis karena berada di tengah kota, sebab sebelumnya Labkesda berada di Jalan Aki Balak dan terbilang cukup jauh. Walaupun tidak jauh-jauh banget dulu. Tapi kami harapkan layanan di Labkesda ini lebih meningkat, luas dan cakupan pelayanan lebih baik. Cita-cita kami mudah-mudahan ini bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ungkap Khairul.

Ia melanjutkan, dalam Labkesda, ada layanan pemeriksaan laporan turn klinik seperti pemeriksaan kolestrol, asam urat, PSL2 yakni Covid-19, Hepatitis dan virus lainnya termasuk pemeriksaan obat dan lingkungan seperti pemeriksaan air dan makanan.

“Saya pikir cukup lengkap Labkesda kita ini. Mudah-mudahan bisa meningkatkan layanan ke masyarakat Tarakan,” jelasnya.

Dengan berdirinya Labkesda, diharapkan tidak perlu lagi mengirim sampel keluar Tarakan karena sudah ada tersedia di Tarakan sembari melengkapi alatnya standar dan meningkatkan peralatannya yang belum memadai.

Ia berharap, Labkesda sebagai rujukan, masyarakat dari kabupaten di Kaltara dapat ke Tarakan saja untuk melakukan pemeriksaan.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tarakan, dr. Devi Ika Indriarti, M.Kes turut menyampaikan, pembangunan Labkesda ini menggunakan dana alokasi khusus (DAK) fisik tahun 2022.

Diketahui, pembangunan dimulai 28 Juni 2022 dan selesai pada 29 Desember 2022. Labkesda Tarakan saat ini memiliki dua lantai, serta ruangan BSL 2 yang berfungsi untuk memeriksa virus seperti covid-19 dan virus-virus lainnya.

Perempuan yang juga menjabat sebagai Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tarakan ini juga menyampaikan, untuk sampel pengiriman, yakni pada genom untuk mengetahui jenis virus covid-19 seperti Omicron atau varian Delta.

“Selain uji klinis, Labkesda juga menyediakan uji layanan kesehatan masyarakat seperti pemeriksaan air minum dan makanan. Sehingga dalam hal ini depo air minum di Tarakan melalui pemeriksaan Labkesda. Sudah diperiksa semua (depo) ini dilakukan mobile, agar yang punya depo lebih mudah. Apalagi peralatannya sudah lengkap dan ada juga peralatan yang baru,” paparnya.

Baca juga: Berikut 7 Jadwal Speedboat Kaltara Rute Nunukan-Tarakan Dijadwalkan Berlayar Hari Ini

Meski demikian ia tak menampik masih memerlukan tenaga kesehatan karena memang untuk merekrut SDM, harus menyesuaikan jumlah tenaga dengan anggaran yang disediakan oleh Pemerintah Kota Tarakan. Apalagi, Labkesda melalui Dinas Kesehatan Tarakan masih bergantung pendanaannya pada APBD Pemkot Tarakan.

“Tapi untuk kegiatan saat ini tenaganya sudah cukup. Kalau terjadi penambahan pemeriksaan atau jumlah yang datang untuk memeriksa itu lebih banyak, maka akan kami pikirkan apakah perlu penambahan tenaga atau tidak,” tukasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved