Natal dan Tahun Baru

Libur Desember 2020, Dibanding Bandara dan Pelabuhan, Arus Mudik di Terminal Malinau Relatif Rendah

Suasana di UPTD Terminal Malinau Kota sehari setelah Natal. Sejak Operasi Lilin Kayan 2020 di Malinau hingga hari Natal kemarin (25/12/2020), arus mudik angkutan darat relatif lebih rendah dibanding arus mudik di Bandar Udara dan Pelabuhan speed boat di Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. (TribunKaltara.com/Mohammad Supri)

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Jumlah pemudik di UPTD Terminal Kecamatan Malinau Kota sejak awal Operasi Lilin Kayan 2020 , Senin (21/12/2020) hingga hari Natal sebanyak 220 penumpang .

Dibanding dua jenis armada lain, yakni pesawat dan kapal cepat (speedboat), jasa transportasi angkutan darat kurang diminati pemudik di Malinau.

Hingga hari Natal kemarin, pengguna jasa pelayaran di pelabuhan speed boat Malinau mencapai 798 penumpang .

Baca juga: UPDATE Nihil Penambahan Hari Ini, Berikut Sebaran Kasus Covid-19 di Kabupaten Malinau

Baca juga: Operasi Lilin Kayan 2020, Jumlah Pemudik Hingga Hari Natal di Malinau Capai 1.417 Orang

Baca juga: UPDATE Tambah 17, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Covid-19 Malinau Jadi 254, 35 Pasien Dinyatakan Sembuh

Sedangkan pengguna jasa penerbangan di Bandara Kol RA Bessing mencapai 399 penumpang .

Kasiwas Polres Malinau sekaligus Kepala Pos pelayanan Terminal Operasi Lilin Kayan 2020 , Ipda Muadip mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendataan arus mudik, Sabtu (26/12/2020).

Berdasarkan pendataan pihaknya, sementara ini arus pemudik di UPTD Terminal Malinau relatif lebih rendah dibanding dua jalur transportasi lain.

"Memang lebih rendah di sini (terminal) dibanding yang lain. Bisa diliat data yang kita catat sampai hari ini, dibandingkan yang lain memang relatif rendah," ujar Ipda Muadip saat ditemui TribunKaltara.com Sabtu (26/12/2020).

Terkait tugas pos pelayanan di UPTD Terminal Malinau , Ipda Muadip mengatakan situasi pengamanan sementara ini masih lancar.

Selain memantau pengamanan, pos pelayanan tersebut juga dibantu tugas-tugas lain dari personel gabungan Operasi Lilin Kayan 2020 .

Baca juga: Kerahkan 300 Personel Amankan Natal di Malinau, Kawal Ketat Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19

Baca juga: Natal 2020 di Malinau RP Dominikus Pareta OMI Ajak Umat Katolik Memaafkan di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Natal dan Tahun Baru di Malinau, Arus Mudik Penumpang di Bandara Bandara Kolonel RA Bessing Menurun

"Selain dari Polri, ada juga dari TNI, petugas kesehatan, Satpol PP dan rekan-rekan lain. Sesuai intruksi, personel gabungan memback-up pengamanan Natal dan Tahun Baru ," ungkapnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pos pelayanan di UPTD Terminal Malinau , sejak senin hingga hari Natal kemarin, tercatat sebanyak 77 penumpang datang dan 143 penumpang berangkat.

Muadip mengatakan, pos pelayanan akan terus disiagakan hingga Operasi Lilin Kayan 2020 selesai.

"Kita akan siaga di sini (terminal), sampai operasi selesai, sekalipun arus mudiknya rendah. Sejauh ini, syukurlah masih aman, semuanya masih tertib," katanya.

(*)

( TribunKaltara.com / Mohammad Supri )

Berita Populer