Breaking News:

Anak Usia Remaja Dapat Terkena Serangan Jantung, Begini Cara Menghidarinya

Serangan jantung yang umumnya dianggap sebagai penyakit orang tua, ternyata dapat menyerang anak usia remaja hingga dewasa muda.

Editor: Bella Evanglista
https://www.tribunnews.com/kesehatan/2020/09/29/waspada-kolesterol-tinggi-juga-bisa-serang-usia-muda
Kolestrol dapat serang usia muda 

TRIBUNKALTARA.COM- Menurut studi yang disampaikan oleh American College of Cardiology makin banyak orang berusia di bawah 40 tahun yang mengalami serangan jantung.

Sedangkan di Indonesia sendiri, dikutip dari Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan pada 2013, 22 persen anak muda di Indonesia - di kisaran 15-35 tahun - menderita sakit jantung koroner. 

Hal ini tentu saja disebabkan banyak faktor, mulai dari gaya hidup tidak sehat, bawaan lahir, atau pengaruh kadar kolesterol tinggi. Berapa pun usia kamu, penting untuk selalu memantau kolesterol secara rutin supaya terhindar dari penyakit jantung.

Mengapa usia muda bisa mengalami kolesterol tinggi?

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan lonjakan kolesterol meski usia seseorang masih muda.

Obesitas

Kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori dapat membuat kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein atau LDL) melonjak. Pasalnya, anak muda sekarang ini tidak bisa lepas dengan junk food.

Selain itu, banyak generasi muda saat ini yang minim aktivitas fisik karena banyak menghabiskan waktu di depan layar. Jarang bergerak juga bisa membuat pembuluh darah jadi kaku, sehingga berujung pada penyakit jantung.

Merokok

Data dari Kementerian Kesehatan RI menunjukkan bahwa sebanyak 80% dari total perokok di Indonesia sudah mulai merokok sejak masih berusia di bawah 19 tahun.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved