Breaking News:

Bursa Calon Kapolri

Bursa Calon Kapolri, IPW Bocorkan 2 Jenderal Polisi Pengganti Idham Azis Sudah Dikantongi Istana

Kabar terbaru bursa calon Kapolri menguat, IPW bocorkan 2 Jenderal polisi pengganti Idham Azis sudah dikantongi Istana, siapa saja?

Kolase TribunKaltara.com / Tribunnews
ILUSTRASI - Bursa calon Kapolri. (Kolase TribunKaltara.com / Tribunnews) 

TRIBUNKALTARA.COM - Kabar terbaru bursa calon Kapolri menguat, IPW bocorkan 2 Jenderal polisi pengganti Idham Azis sudah dikantongi Istana, siapa saja?

Persaingan bursa calon Kapolri semakin menguat seiring Jendral polisi Idham Azis yang memasuki masa pensiun pada Februari 2020 mendatang.

Bahkan Ketua Presidium Indonesia Police Watch ( IPW ) Neta S Pane membocorkan ada dua Jenderal polisi yang sudah dikantongi Istana untuk bersaing menjadi suksesor Idham Azis di kursi Kapolri.

"Satu dari dua nama calon Kapolri tersebut sudah dikirim ke Komisi III DPR untuk lakukan uji kepatutan.

Minimal 20 hari sebelum Kapolri Idham Azis pensiun nama calon penggantinya sudah bisa diproses,” ujar Neta dalam keterangannya, Minggu (20/12/2020).

Namun, Neta tak menyebutkan siapa dua nama Jenderal polisi calon Kapolri tersebut.

Dia hanya berharap, proses pencalonan Kapolri tetap melalui prosedur yang baku yaitu melalui dua arah, Kompolnas yang mengusulkan nama bakal calon ke Presiden.

Lalu, Dewan Kebijakan Tinggi (Wanjakti) Polri juga mengusulkan nama bakal calon ke Presiden.

Baca juga: Kapolri Idham Azis & Pangdam Jaya Diancam Seperti Kapolda Metro Jaya Fadil Imran, Pelaku Ngaku Iseng

Berdasarkan UU Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia pasal 38 ayat (1) huruf b, Kompolnas bertugas memberikan pertimbangan kepada Presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian Kapolri.

Merujuk pasal 11 ayat (6) UU nomor 2 tahun 2002, calon Kapolri adalah perwira tinggi (Pati) Kepolisian Negara Republik Indonesia yang masih aktif dengan memperhatikan jenjang kepangkatan karier.

Halaman
1234
Sumber: Kompas TV
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved