Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Siklon Surigae Meningkat 24 Jam ke Depan, 9 Provinsi Termasuk Kalimantan Utara Diminta Waspada

Merujuk analisa BMKG hari ini, Jumat (17/4/2021) siklon tropis Surigae bergerak dari Samudera Pasifik, sebelah utara Papua Barat.

Penulis: Titik Wahyuningsih | Editor: Amiruddin
BMKG
Citra satelit Himawari terkait adanya Siklon Tropis Surigae (lingkaran merah) di wilayah perairan Samudera Pasifik utara Papua Barat pada Jumat (16/4/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM – Intensitas Siklon Tropis Surigae diperkirakan meningkat dalam waktu 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut menjauhi Indonesia, namun tetap berdampak terhadap cuaca ekstrem di Tanah Air.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) menyebut dampak dari siklon tersebut masih akan dirasakan di sejumlah provinsi di Indonesia termasuk Kalimantan Utara.

Merujuk analisa BMKG hari ini, Sabtu (17/4/2021) Siklon Tropis Surigae bergerak dari Samudera Pasifik, sebelah utara Papua Barat dengan kecepatan 10 knot atau 19 kilometer per jam dengan kekuatan 95 knots atau 185 kilometer dengan tekanan 935 hPa.

Adapun dampak dari adanya pergerakan Siklon Tropis Surigae ini disampaikan oleh BMKG berupa prediksi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin hingga kenaikan gelombang air laut.

Baca juga: Ditetapkan Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Ibunda Jenguk Jeff Smith hingga Bawakan Perlengkapan Mandi

Berdasarkan keterangan pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) yang dirilis hari ini, menginstruksikan kepada pemangku kebijakan di Kabupaten/Kota di wilayah masing-masing untuk melakukan langkah antisipatif.

Selain itu, pemangku kebijakan di daerah juga diminta agar melaksanakan apa yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Nomor 360/2067/BAK tanggal 16 April 2021 tentang Langkah Antisipatif Terhadap Potensi Bibit Siklon Tropis.

Dampak cuaca ekstrem dari Siklon Tropis Surigae

1. Wilayah terdampak Siklon Tropis Surigae berupa potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang.

2. Wilayah terdampak gelombang tinggi air laut dengan ketinggian 1.25-6.0 meter

Apa itu Siklon Tropis Surigae ? Ini penjelasan Kepala Stasiun Meteorologi Tanjung Harapan Kaltara

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved