Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Waspada Cuaca Ekstrem, Wali Kota Tarakan Khairul Ajak Warga Tanam Pohon Hingga Bersihkan Drainase 

Wali Kota Tarakan, dr. Khairul mengeluarkan imbauan terkait kewaspadaan dini dan mitigasi bencana terhadap ancaman cuaca ekstrem

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Wali Kota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Wali Kota Tarakan, dr. Khairul mengeluarkan imbauan terkait kewaspadaan dini dan mitigasi bencana terhadap ancaman cuaca ekstrem yang saat ini terjadi di Provinsi Kaltara dan khususnya di Kota Tarakan.

Dalam imbauannya, ia meminta seluruh warga meningkatkan kewaspadaan dan kesiap-siagaan masyarakat terhadap potensi cuaca ekstrem seperti angin puting beliung, hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Serta dampak yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

Ia juga mengimbau masyarakat yang bermukim di daerah lereng rawan longsor, aliran sungai, tepi pantai untuk segera melakukan evakuasi mandiri jika terdapat peringatan bahaya.

Baca juga: Bappeda Bulungan Sebut Pembangunan Bandara Baru Pengganti Tanjung Harapan di Tanjung Selor Kecil

Kemudian ia juga mengimbau masyarakat yang memiliki tanaman pohon atau tegakan yang mudah tumbang untuk secara mandiri melakukan pemeliharaan atau pemangkasan atau penebangan demi mengurangi risiko tumbang akibat angin kencang.

Lebih lanjut ia menginstruksikan kepada BPBD untuk menyiapkan dan mengolah seluruh sumber daya baik SDM, logistik dan peralatan untuk penanganan keadaan darurat jika diperlukan. Kemudian berkoodinasi dengan BMKG untuk terus melakukan pemantauan dan pengamatan parameter cuaca.

Kemudian mengaktifkan Pusdalops terkoneksi dengan pusat-pusat data, informasi dan komunikasi terkait baik di pusat dan provinsi. Dan terakhir dalam imbauannya ia menginstruksikan kepada kecamatan dan kelurahan mengaktifkan Tim Siaga Bencana dan berkoordinasi dengan BPBD.

Baca juga: BMKG Tarakan Sebut Siklon Tropis Surigae Tidak Lewati Kaltara, Masyarakat Tetap Waspada

Wali Kota Tarakan mengungkapkan, berdasarkan perkiraan BMKG, Provinsi Kaltara termasuk Kota Tarakan akan terdampak dengan siklon tropis surigea. Itu ditandai hujan sedang sampai lebat dan gelombang tinggi.

"Untuk itu saya mengimbau kepada seluruh warga Tarakan agar melakukan upaya-upaya pencegahan terhadap bahaya banjir dan tanah longsor serta angin kencang dan gelombang tinggi," urainya.

Ia juga mengimbau warga aktif melakukan kerja bakti untuk mengurangi sumbatan di drainase sekitar lingkungan tempat tinggal.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Kota Tarakan 19 April 2021, Waspada! Hujan Disertai Petir Nanti Malam

Ia mengingatkan jangan membuang sampah sembarangan. Begitu juga bagi yang bermukim di lereng-lereng bukit sementara mengungsi ke tempat kerabat yang aman untuk menghindari longsoran.

"Bagi nelayan waspada terhadap angin kencang dan gelombang tinggi.
Mari terus berdoa kepada Allah SWT, agar diri keluarga, masyarakat Kota Tarakan dan Kaltara terbebas dari marabahaya," pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved