Breaking News:

Hari Kartini

Peringati Hari Kartini, TP PKK Tana Tidung Memberikan Pelayanan KB dan Tes IVA Gratis

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tana Tidung memberikan pelayanan KB gratis & tes IVA (inspeksi visual asam asetat)

Penulis: Risnawati | Editor: Sumarsono
HO
Suasana pembukaan kegiatan pelayanan KB gratis dan tes IVA oleh TP PKK Tana Tidung bekerjasama dengan BKKBN Dinas Kesehatan Tana Tidung dan IBI Tana Tidung. (HO/Diskominfo KTT) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANA TIDUNG - Dalam rangka memperingati Hari Kartini 2021, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tana Tidung memberikan pelayanan KB gratis dan tes IVA (inspeksi visual asam asetat).

Layanan KB dan periksaan IVA dilakukan di Balai Penyuluh KB Desa Rian, Kecamatan Muruk Rian, bekerjasama dengan BKKBN Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Tidung dan IBI Tana Tidung.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 20 orang itu mengusung tema Meningkatkan Peran Perempuan Menuju Indonesia dengan Hidup Terencana.

Turut hadir Ketua Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan pada Pokja IV Hanna Juniar, Ketua IBI Tana Tidung Dyah Setyorini.

Baca juga: Safari Ramadan di Tideng Pale, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali Ingatkan Pentingnya Protokol Kesehatan

Kabid Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pelayanan Kesehatan, Suwandi, sekaligus memberi penjelasan tentang IVA.

"IVA test adalah tes inpeksi visual asam asetat, yang merupakan salah satu cara deteksi dini kanker serviks.

Dilakukan dengan cara meneteskan asam asetat pada permukaan mulut leher rahim, yang hasil pemeriksaannya dapat diketahui saat itu juga," jelas Suwadi, Rabu (21/4/2021)

Baca juga: Lantik Penjabat Kepala Desa, Bupati Kabupaten Tana Tidung Ibrahim Ali Berikan Pesan Ini 

Selain itu, dia juga menjelaskan terkait tujuan alat kontrasepsi yang digunakan selama melakuka program KB.

"Iya itu untuk menunda kehamilan. Jadi tujuannya untuk mengatur jarak kelahiran dan mengatur usia ideal untuk kelahiran," terangnya.

Diketahui, kegiatan tersebut juga dilakukan serentak oleh Puskesmas se-Kabupaten Tana Tidung. (*)

Penulis: Risnawati

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved