Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

BPBD Nunukan Minta Warga Waspada Bibit Siklon Tropis 94W, Bupati Perintah Camat Lakukan 3 Hal Ini

Waspada potensi Bibit Siklon Tropis 94W, melalui Surat Edaran (SE) nomor 96-BPBD/360/IV/2021, Bupati Nunukan minta Camat lakukan 3 langkah ini.

TRIBUNKALTARA.COM/ HO/ BPBD Nunukan
Kegiatan simulasi bencana bersama warga dan Tagana Dinsos di Pulau Sebatik, pada November 2020 lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Waspada potensi , melalui Surat Edaran (SE) nomor 96-BPBD/360/IV/2021, Bupati Nunukan minta Camat lakukan 3 langkah ini.

SE tentang Kesiapsiagaan Menghadapi Cuaca Ekstrem di Kabupaten Nunukan itu dikeluarkan oleh Bupati Nunukan pada 20 April 2021.

Sebelumnya, BMKG pusat mendeteksi adanya potensi Bibit Siklon Tropis 94W di Samudera Pasifik dari Timur Laut Papua yang berpotensi menguat sejak 13-19 April lalu.

Diketahui bibit siklon tropis itu berdampak pada wilayah bagian utara Indonesia termasuk Kalimantan Utara, utamanya daerah timur seperti Sulawesi, Kepulauan Maluku, Papua Barat, Papua serta beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Siklon itu dapat menyebabkan peningkatan potensi hujan lebat hingga sangat lebat yang disertai angin kencang dan tinggi gelombang.

Baca juga: Moda Transportasi di Kabupaten Malinau Layani Rute Lintas Provinsi, Ini Tarif dan Daerah Tujuannya 

Oleh karena itu, Bupati Nunukan mengeluarkan SE yang intinya meminta kepada seluruh Camat di wilayah Kabupaten Nunukan, melakukan 3 hal sebagai berikut:

Pertama, meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan potensi cuaca ekstrem (puting beliung, hujan lebat disertai kilat/ Petir) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, jalan licin, dan lainnya.

Kedua, meningkatkan koordinasi dengan unsur terkait di kecamatan dan kelurahan/ desa serta ke tingkat Kabupaten Nunukan melalui BPBD dan OPD teknis lainnya.

Ketiga, menyiapkan dan mengaktifkan potensi sumber daya di tingkat kecamatan dan kelurahan/ desa, baik personil, aparatur, unsur Muspika dan relawan penanggulangan bencana. Termasuk peralatan pendukung dalam mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi.

Kasubid Kesiapsiagaan BPBD Nunukan, Ihsanuddin, mengatakan sejauh ini, pihaknya sudah lakukan koordinasi dengan sejumlah Camat, utamanya di daerah yang memiliki risiko bencana.

Halaman
12
Penulis: Febrianus Felis
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved