Breaking News:

Berita Tanjung Selor Terkini

Larangan Mudik, Kendaraan Plat KU Diperbolehkan Masuk Kaltara, untuk Plat Lain Berikut Ketentuannya

Jelang Lebaran 2021, pihak Dishub Kaltara memastikan akan melakukan pengetatan jalur masuk khususnya di jalur darat

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Pos Pengecekan Kesehatan di Perbatasan Kaltim-Kaltara, Jl Poros Bulungan Berau Km 57 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR -Jelang Lebaran 2021, pihak Dishub Kaltara memastikan akan melakukan pengetatan jalur masuk khususnya di jalur darat.

Saat masa pelarangan mudik 6-17 Mei berlaku, nantinya pihak Dishub Kaltara akan menghalau kendaraan dari luar Kaltara atau non-Plat KU, untuk memasuki Kaltara.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dishub Kaltara, Aswandi saat ditemui di Gedung Gadis, Minggu (25/4/2021).

Baca juga: Kunjungi Bunker, Wali Kota Tarakan Tertarik Buat Cafe, Khairul: Tidak Mengubah Cagar Budaya Itu

"Kalau nanti dari arah Kaltim, itu tidak bisa masuk saat pelarangan 6-17 Mei itu," ujar Kabid Perhubungan Darat, Dishub Kaltara, Aswandi.

"Kalau dari luar Kaltara itu tidak boleh masuk, ke sini pun juga nanti akan ada penyekatan, kalau plat nomor KU, itu masih diperbolehkan masuk, tapi kita lihat juga kondisi kesehatannya," tambahnya.

Adapun bagi kendaraan non plat KU, pihaknya akan meminta untuk memutar balik, apabila para pelaku perjalanan tersebut tidak berdomisili atau bekerja di Kaltara, dan dinyatakan positif Covid-19 saat dilakukan pengecekan di pos perbatasan.

"Kalau nanti plat di luar KU nanti akan diminta kembali, dan kalau bukan warga Kaltara kami juga minta kembali," terangnya.

Baca juga: Sebelum Lebaran, Pencairan BLT Rp 300 Ribu di Desa Malinau Rampung , Ada 573 KK yang Terdaftar 

Pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak lain, khususnya Pemkab Berau dan Pemprov Kaltim, untuk melakukan penyekatan kendaraan di perbatasan Kaltim-Kaltara, saat masa pelarangan mudik berlaku.

Meskipun akan menghalau plat non-KU untuk masuk Kaltara, Aswandi menyebut di dalam aturan tersebut terdapat pengecualian.

Baca juga: Warga di Tujuh Kecamatan Perbatasan Nunukan Keluhkan Jalan Rusak, Ini Harapan DPRD

Sehingga ada kemungkinan warga dapat memasuki wilayah Kaltara, dengan catatan mendapatkan izin dari Satgas Covid-19 di lokasi pos pemeriksaan kesehatan di perbatasan Kaltim-Kaltara, Jalan Poros Berau-Bulungan, Km 57.

"Karena inikan pengendalian, jadi sebenarnya semua angkutan itu dilarang untuk angkutan darat, hanya saja memang ada pengecualian, di Pasal 3 ayat 3," katanya.

"Dan pengecualian itu harus sesuai dengan rekomendasi tim Satgas Covid-19 daerah, untuk kendaraan yang boleh melintas, artinya Satgas bisa menetapkan itu," ucapnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved