Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Soal Pembayaran THR, Ketua Apindo Kabupaten Malinau Paul Muregar Usulkan Bentuk Tim Pemantau

Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Malinau (Disnaker Malinau) telah membuka Pos Komando Pelaksanaan Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 (Posko THR)

TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Malinau (Apindo Malinau), Paul Muregar Lalong saat ditemui di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (29/4/2021) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Malinau (Disnaker Malinau) telah membuka Pos Komando Pelaksanaan Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2021 (Posko THR).

Posko THR bertujuan untuk menjamin pelaksanaan tunjangan hari raya (THR) bagi karyawan/pekerja/buruh di perusahaan jelang Idul Fitri 2021.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Kabupaten Malinau (Apindo Malinau), Paul Muregar Lalong mengusulkan pembentukan tim pelaksanaan THR.

Baca juga: Dilarang Mudik, KSOP Kelas III Kota Tarakan Siapkan 3 Posko Pengawasan, Diawasi Tim Gabungan

Dikarenakan Posko THR sifatnya pasif atau menunggu laporan. Metode jemput bola dinilai efektif terkait persoalan THR.

"Kami mengusulkan supaya ada tim dibentuk, jadi sifatnya tidak pasif. Sifatnya aktif jemput bola mendengarkan keluhan karyawan," ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (29/4/2021).

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya, banyak pekerja/buruh yang mengeluhkan soal pembayaran THR yang tidak kunjung dibayarkan.

Baca juga: Seorang Mahasiswi di Nunukan Tewas Ditabrak Truk Sampah, Sopir Buang Mayat Korban di Semak-semak

Pembentukan tim khusus memantau kelancaran pembayaran THR menurutnya sangat penting. Sebab, tidak semua pekerja bisa melaporkan secara langsung kendala pembayaran.

"Jadi harusnya Disnaker bentuk tim, memantau langsung, karena masalah akses tidak semua karyawan bisa melaporkan hal ini. Kalau ada tim, kita yang jaring aduan pekerja," katanya.

Baca juga: Posko THR Dibuka, Belum Ada Laporan, Kepala Disnaker Malinau: Diperkirakan Seminggu Sebelum Lebaran

Siang tadi, Disnaker Malinau menggelar sosialisasi SE Menaker RI kepada perusahaan, asosiasi pengusaha dan asosiasi pekerja di Kabupaten Malinau.

Berdasarkan Peraturan Menaker 6/2016 tentang THR bagi pekerja/buruh di perusahaan, THR wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Penulis: Mohamad Supri
Editor: Junisah
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved