Berita Tanjung Selor Terkini

Cegah Penularan Covid-19, Penumpang di Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor Lakukan Tes Rapid Antigen

Guna mengurangi laju penularan Covid-19 selama masa arus balik Lebaran 1442 H, pihak Pelabuhan Kayan II Tanjung Selor.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Suasana Pemeriksaan swab tes antigen bagi penumpang speedboat di Pelabuhan Kayan II, Tanjung Selor 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR – Guna mengurangi laju penularan Covid-19 selama masa arus balik Lebaran 1442 H, pihak Pelabuhan Kayan II, bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP Tarakan, dan Dinas Kesehatan Bulungan, melaksanakan pemeriksaan tes swab antigen bagi penumpang speedboat.

Pemeriksaan tes swab antigen ini dilakukan bagi semua penumpang yang hendak berangkat dari Pelabuhan Speedboat Kayan II, Tanjung Selor.

Hingga pukul 11:00 Wita, terpantau sudah ratusan orang yang mengikuti swab test antigen di pelabuhan.

Baca juga: Banjir Rendam Rumah di Dua Desa Kecamatan Mentarang Hulu, Warga Diungsikan, Telekomunikasi Terputus

Ditemui di area pelabuhan, Bupati Bulungan Syarwani mengatakan, pemeriksaan tes swab antigen ini diwajibkan bagi seluruh penumpang.

Menurutnya kegiatan ini penting dilakukan, mengingat pada hari ini dapat dikatakan sebagai puncak arus balik Lebaran.

“Kita melakukan pemantauan untuk test swab antigen, karena hari ini semua pelabuhan dilakukan pemeriksaan. Hari ini adalah hari arus balik, sehingga kita ingin memastikan semua penumpang aman sehat dan negatif Covid-19,” ujar Bupati Bulungan Syarwani, Minggu (16/5/2021).

Baca juga: Satgas Nemangkawi Kontak Tembak Lagi di Papua, 2 Anggota KKB Tewas, Senjata hingga Peluru Diamankan

Bupati Syarwani mengatakan, pihaknya tidak menutup kemungkinan, kegiatan pemeriksaan tes swab antigen di pelabuhan ini dapat dilanjutkan, hingga masa arus balik lebaran berakhir.

“Siapapun penumpang kita pastikan melakukan swab antigen, kegiatan ini hari pertama, tapi tidak menutup kemungkinan akan kita lanjutkan kembali,” tambahnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Bulungan, Imam Sujono, kegiatan pemeriksaan swab tes antigen bagi penumpang akan dilanjutkan hingga satu minggu ke depan.

“Minimal satu minggu, tapi kita lihat logistik kita, momen awalnya hari ini, tapi mungkin kita akan lakukan untuk seminggu,” ujar Kepala Dinkes Bulungan, Imam Sujono.

Pihaknya memastikan, bila ada penumpang yang dinyatakan positif Covid-19 dari hasil swab tes antigen, maka tidak diizinkan untuk berangkat. Adapun pihak Satgas Covid-19, akan melakukan tindakan bagi penumpang tersebut, seperti membawanya ke Pos Karantina.

Baca juga: Prakiraan Cuaca di Bulungan Minggu 16 Mei 2021, BMKG Prediksi Enam Kecamatan Bakal Diguyur Hujan

“Kalau positif kita tidak izinkan berangkat. Tentu akan dilakukan tindakan, dalam hal ini oleh Satgas untuk dikarantina,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Unit Penyelenggara Pelabuhan atau UPP Tanjung Selor, Ujang Sunardi memastikan, penumpang yang dinyatakan positif Covid-19, maka uang tiket speedboat akan dikembalikan.

Pihaknya mengaku telah melakukan koordinasi dengan pemilik speedboat perihal pengembalian tiket.

“Kalau ada yang positif uang tiket akan dikembalikan kami sudah koordinasi dengan pemilik speedboat,” ujar , Kepala UPP Tanjung Selor, Ujang Sunardi.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved