Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Kenalkan Pancasila Lebih Dekat, Dinas Pendidikan PPU Gelar Lomba Tingkat Pelajar  SD dan SMP

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berusaha mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO
Kepala Disdikpora PPU, Alimudin 

TRIBUNKALTARA.COM, PENAJAM - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus berusaha mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada pelajar mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan menggelar lomba tentang Pancasila tingkat Kabupaten.

Kepala Disdikpora  Kabupaten PPU, Alimudin mengatakan bahwa pengenalan Pancasila ini guna menciptakan pelajar atau peserta didik dapat mengenal Pancasila lebih dalam melalui butir-butri Pancasila.

Baca juga: Waspada Banjir, Warga Pantau Tinggi Air Sungai di Malinau Kota, Kepala Desa Paking: Air Naik 1 Meter

"Saya tertarik bagaimana anak anak didik ini usia dini dikenalkan kembali tentang Pancasila itu apa, memang mereka sudah tahu dengan pencasila tapi hanya luar nya saja, nah apa sih isinya Pancasila itu sebenarnya, ya butir-butir Pancasila," ujar Alimudin, Kamis (20/5/2021).

Dijelaskan, Alimudin, melalui perlombaan ditingkat Kabupaten tersebut, dapat mengenalkan secara dekat tentang butir-butir Pancasila. Sehingga pelajar dapat memiliki modal dan keyakinan tentang falsafah Pancasila dan dasar negaranya sendiri.

Baca juga: Hari Kedua Korban Hilang di Perairan Marungu, Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian

"kita tahu di pelajaran PKN sudah ada, tapi saya melihat PKN sudah tidak terlalu dalam lagi mengenalkan Pancasila itu, sehingga saaya berinisiatif mengenalkan itu nyentuh ke Pancasilanya bukan pendidikan kewarganegarannya jadi saya fokus ke Pancasila," ujarnya.

Baca juga: Kondisi Aurel Usai Mengalami Keguguran Diungkap Atta, Masih Trauma hingga Harus Lepaskan Pekerjaan

Perlombaan terkait dengan Pancasila sendiri, dikatakan Alimudin, telah dimulai sejak April lalu melalui seleksi tingkat Kecamatan dan kemudian tingkat Kabupaten.

Untuk diketahui butir-butir Pancasila sendiri sebelumnya berjumlah 36 tetapi, saat ini telah diubah menjadi 45 butir sesuai dalam Tap MPR no I/MPR/2003.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved