Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Manfaatkan Lahan Tidur di Masa Pandemi Covid-19, Polisi Polsek Sungai Pinang Ajak Warga Tanam Sayur

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir tentunya membuat semua pihak untuk tanggap melihat situasi, termasuk ancaman krisis pangan.

Editor: Junisah
TRIBUNKALTIM.CO/ HO Polsek Sungai Pinang
Anggota kepolisian Polsek Sungai Pinang yakni Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanah Merah Aiptu Teguh Dwi saat bersama petani, meninjau lahan yang yang ditanami sayur-mayur dan sejenisnya. 

TRIBUNKALTARA.COM, SAMARINDA - Pandemi Covid-19 yang belum berakhir tentunya membuat semua pihak untuk tanggap melihat situasi, termasuk ancaman krisis pangan. Pemerintah termasuk jajaran Polri juga melakukan upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi krisis pangan.

Misalnya seperti yang dilakuka  masyarakat di Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, yang memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanami berbagai macam tanaman.

Anggota kepolisian Polsek Sungai Pinang yakni Bhabinkamtibmas Kelurahan Tanah Merah Aiptu Teguh Dwi juga mendorong warga untuk menanami tanaman produktif, sayur mayur dan tanaman yang biasa digunakan memasak, semisal lombok.

Baca juga: Dapat Restu Orang Tua Murid, Disdikbud Bontang Gelar PTM Juli Mendatang, Tidak Setuju Sistem Daring

Lahan yang berlokasi di Jalan Citanduy RT. 25 Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda ini dikelola dan ditanami aneka tanaman sayur-sayuran dan sejenisnya.

Baik secara alami serta dibantu ditambah Eco Enzyme untuk menunjang tumbuh kembang tanaman produktif tersebut.

"Berbagai macam tanaman produktif diantaranya sayur-mayur seperti, tomat, cabai berbagai jenis mulai cabai rawit, kriting, cabai besar merah dan hijau, serta labu, mentimun dan buah-buahan," ujar salah satu warga bernama, Tasiman (45), Kamis (20/5/2021).

Baca juga: Segera Cek Penerima Bansos Tunai Rp 300 Ribu, Akses cekbansos.kemensos.go.id

Tentunya guna mencegah terjadinya krisis pangan disaat pandemi Covid-19, nantinya hasil dari panen akan diberikan kepada warga masyarakat disekitar Kelurahan Tanah Merah.

Kapolsek Sungai Pinang Kompol Jufri Rana melalui Bhabinkamtibmas Aiptu Teguh Dwi, mengatakan bahwa dia menggandeng Ketua LPM sekaligus Ketua Kelompok Tani Kelurahan Tanah Merah Bapak Tasiman yang sangat berpengalaman di bidang bercocok tanam.

Baca juga: Harkitnas 20 Mei: Ini 30 Ucapan Hari Kebangkitan Nasional, Bisa Digunakan untuk Update Status

"Kegiatan sendiri selain menjadi bentuk kemandirian dari warga masyarakat, hasil panen juga dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar secara berkesinambungan (bekerlanjutan)." jelas Aiptu Teguh Dwi, Kamis (20/5/2021).

Kapolsek Sungai Pinang Kompol M. Jufri Rana pun juga mendukung langkah masyarakat, kegiatan ketahanan pangan yang digagas oleh masyarakat serta Bhabinkhamtibmas Tanah Merah yang membinaa masyarakat merupakan prestasi dimana Polri bersama Masyarakat saling bersinergi.

"Bahu-membahu berupaya mengatasi problem dimasa pandemi Covid-19 ini, termasuk diantaranya mengantisipasi terjadinya krisis pangan.” singkat Kompol M. Jufri Rana.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved