Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Hari Keempat MTQ Ke-17 Kabupaten Malinau, Digelar Lomba Cabang Tahfiz dan Tilawah

Memasuki hari ke 4 pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-17 Kabupaten Malinau sejak pertama kali dibuka pada Senin (7/6/2021).

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pelaksanaan cabang MTQ Tahfiz dan tilawah di Arena Utama Balai Adat Tidung, Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Memasuki hari ke 4 pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-17 Kabupaten Malinau sejak pertama kali dibuka pada Senin (7/6/2021).

Sementara ini masih berlangsung cabang MTQ Ke-17 di Arena Utama Balai Adat Tidung, Desa Malinau Seberang, Kecamatan Malinau Utara, Kabupaten Malinau.

Pantauan TribunKaltara.com, saat ini tengah berlangsung MTQ untuk cabang Tahfiz putra/putri dan tilawah di Balai Adat Tidung Desa Malinau Seberang.

Baca juga: Ada 4 Lokasi Lomba MTQ ke 17 di Kabupaten Malinau, Catat Tempat Kegiatannya 

Baca juga: Diselenggarakan Selama 5 Hari, Berikut Lokasi dan Kategori Lomba MTQ Ke-17 Kabupaten Malinau

Koordinator Dewan Hakim MTQ ke 17, Ustad Hartono Ahmad Gobel menjelaskan untuk hari ini diselenggarakan cabang Tahfiz. Meliputi tahfiz 1, 5 dan 10 Juz.

Khusus untuk tahfiz 5 juz, sebelum melanjutkan Maqra atau materi bacaan yang disampaikan dewan hakim, peserta terlebih dulu tampil dengan Maqra tilawah.

Baca juga: Kabupaten Malinau Diusulkan Jadi Tuan Rumah MTQ Kaltara 2022, Berikut Tanggapan Wakil Bupati

"Hari ini kita bermusabaqah hapalan 5 juz dan tilawah serta 10 juz. Khusus yang 5 Juz, sebelum menjawab peserta terlebih dulu tampil dengan Maqra Tilawah," ujarnya, Kamis (10/6/2021).

Setelah tampil dengan Maqra Tilawah, selanjutnya peserta akan diminta untuk melanjutkan bacaan sesuai materi yang ditanyakan dewan hakim.

Pelaksanaan cabang lomba MTQ Ke-17 di Arena 2, Gedung Pertemuan Keagamaan Kementerian Agama Malinau, Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (8/6/2021).
Pelaksanaan cabang lomba MTQ Ke-17 di Arena 2, Gedung Pertemuan Keagamaan Kementerian Agama Malinau, Desa Malinau Hulu, Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (8/6/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Peserta diperkenankan menjawab Maqra ditandai dengan tanda 4 kali bunyi bel, untuk memulai jawaban. Jika nantinya terdapat kesalahan bacaan, diberi tanda 1 kali bunyi bel.

Jika peserta melakukan kesalahan berulang-ulang, maka Dewan Hakim akan membunyikan bel sebanyak 2 kali, dan menuntun peserta sesuai Maqra hapalan.

Baca juga: Besok Pembukaan MTQ Ke-17 Malinau, Ketua LPTQ H Edy Marwan Targetkan MTQ Cetak Bibit-bibit Baru

"Teknisnya, peserta akan menjawab setelah dibunyikan bel sebanyak 4 kali setelah diberi soalan. Jika ada kesalahan bel dibunyikan sekali. Dan jika peserta terkendala menjawab, maka akan dituntun ditandai bunyi bel 2 kali," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved