Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Kemenkes Resmi Bolehkan Anak Uisa 12-17 Tahun Divaksin, Bagaimana Dengan Kaltara?

Kementerian Kesehatan resmi mengeluarkan surat edaran mengenai diperbolehkannya penggunaan vaksin Covid-19 bagi anak di rentang usia 12-17 Tahun.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELORKementerian Kesehatan resmi mengeluarkan surat edaran mengenai diperbolehkannya penggunaan vaksin Covid-19 bagi anak di rentang usia 12-17 Tahun.

Menanggapi kebijakan tersebut, Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy mengatakan pemberian vaksinasi bagi anak dierahkan sepenuhnya pada kesiapan Kabupaten Kota.

“Kalau edaran dari Kemenkes kita memang sudah harus memulai untuk usia 12-17 Tahun,” ujar Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy, Minggu (4/7/2021).

Baca juga: Syarat Penerima Vaksin Covid-19, Bolehkah Penderita Diabetes hingga Penyakit Jantung Ikut Vaksinasi?

“Tapi kami serahkan ke kabupaten kota strateginya seperti apa memulainya, dan bagaimana kesiapan stok vaksin yang tersedia,” tambahnya.

Kendati menyerahkan pelaksanaan kepada Kabupaten Kota, Agust berharap vaksinasi bagi layanan publik dan lansia dapat dimaksimalkan, sebelum pemberian vaksin bagi anak.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Massal di Malinau Dibanjiri Pendaftar, Warga Usul Petugas Bagikan Nomor Antrean

“Kita harapkan layanan publik dan lansia yang cakupannya masih rendah dikebut dulu, baru nanti kita mulai untuk masyarakat umum dan usia 12 Tahun itu,” katanya.

Lebih lanjut, Agust mengatakan jenis vaksin yang akan diberikan ialah vaksin pabrikan China yakni Sinovac, adapun jumlah dosis yang diberikan tetap sama seperti yang diberikan kepada usia dewasa.

Vaksinasi Covid-19 di Balai Pertemuan Umum Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (30/6/2021).
Vaksinasi Covid-19 di Balai Pertemuan Umum Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Rabu (30/6/2021). (tribunkaltara.com)

“Untuk usia muda diarahkan ke Sinovac, untuk dosisnya juga nanti akan sama dengan dosis yang dewasa,” ujarnya.

Pihaknya pun menyarankan agar pemberian vaksinasi bagi anak, nantinya dapat dilaksanakan menjelang pembelajaran tatap muka atau PTM di tiap sekolah.

Baca juga: Bantu Atasi Pandemi Covid-19, Polda Kaltara Siapkan Enam Gerai Vaksinasi, Catat Lokasinya 

Mengingat langkah tersebut dirasa lebih mudah untuk dilaksanakan, guna mengatur sasaran vaksinasi dengan jumlah yang cukup besar.

“Mungkin nanti pelaksanaannya bisa saat PTM, jadi bisa dilakukan di sekolah dan sepertinya itu lebih mudah. karena ini sasarannya sangat besar, jadi kita harus atur strateginya seperti apa,” tuturnya.

(*)

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved