Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Positif Covid-19, Gubernur Kaltara Zainal Sempat Kunjungi Apau Kayan, Kontak Erat Lagi Ditracing  

Agust mengatakan, pihaknya tidak dapat memastikan, apakah Gubernur Zainal terpapar Covid-19, saat mengunjungi wilayah Apau Kayan, Malinau.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI
Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Gubernur Kaltara Zainal Paliwang beserta Istri, Rachmawati terkonfirmasi positif Covid-19.

Hasil ini didapatkan setelah pada Jumat lalu, Tim dari Dinas Kesehatan Bulungan mengambil sampel dengan swab test dan menjalankan uji test PCR di Laboratorium milik Dinkes Kaltara.

Hal ini dibenarkan oleh Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy, Minggu (11/7/2021).

Baca juga: Gubernur Kaltara dan Istri Positif Covid-19, Jalani Isolasi Mandiri di Rumah Jabatan

Agust mengatakan, pihaknya tidak dapat memastikan, apakah Gubernur Zainal terpapar Covid-19, saat mengunjungi wilayah Apau Kayan, Malinau di mana di saat itu tengah terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Namun, berdasarkan data hasil pemeriksaan, Gubernur Zainal telah lebih dulu terpapar Covid-19 sebelum berkunjung ke Apau Kayan, Malinau pada Senin lalu.

Baca juga: BREAKING NEWS Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang Positif Covid-19, Isolasi Mandiri di Rujab

"Kalau paparan Covid-19 ini sulit ditentukan, di mana dan kapan terpaparnya. Tetapi dengan melihat Ct Value beliau yang sudah menuju kesembuhan, sepertinya paparannya sudah lama, bukan dari kunjungan ke Apau Kayan," terang Jubir Satgas Covid-19 Kaltara, Agust Suwandy.

Menurut Agust, sebagai pejabat publik, Gubernur Zainal sangat beresiko terpapar Covid-19, lantaran pekerjaannya mengharuskan bertemu dengan banyak orang.

Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang
Gubernur Kaltara, Zainal Arifin Paliwang (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

"Yang namanya pejabat kan memang risiko beliau besar, karena harus bertemu banyak orang, meskipun beliau sudah menerapkan Prokes dengan baik," katanya.

Kini, pihaknya pun masih melakukan pelacakan dan pemeriksaan, sehingga belum dapat mengumumkan berapa jumlah orang yang dinyatakan sebagai kontak erat dari Gubernur Kaltara Zainal Paliwang.

"Untuk kontak erat masih dalam tahap tracing dan pemeriksaan, sesuai prosesur memang kami harus melakukan tracing," tuturnya.

Baca juga: Update Covid-19 di Nunukan Bertambah 57 Kasus, 11 Orang Pelaku Perjalanan, Sembuh 20 Pasien

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved