Breaking News:

CPNS Kaltara

Pendaftaran CPNS Kaltara, BKPSDM Tarakan Sebut, Pelamar Didominasi Tarakan, 44 Berkas sudah Diterima

Saat ini, pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK tahun 2021 masih terus berjalan. Pelamar paling banyak asal Tarakan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
BKPSDM Tarakan terus menerima berkas fisik pendaftar CPNS yang dikirimkan oleh petugas kurir Kantor Pos Tarakan. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Sampai saat ini, pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK tahun 2021 masih terus berjalan. Pendaftaran dibuka sejak awal 1 Juli 2021 lalu dan dijadwalkan hingga 21 Juli 2021 mendatang.

Dikatakan Eko Edi Sucipto, Kabid Perencanaan dan Mutasi Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tarakan hingga 12 Juli 2021, total 44 berkas fisik yang sudah masuk. Total 40 berkas yang sudah masuk dalam proses verifikasi.

Ia membeberkan, 44 berkas fisik ini tidak termasuk jalur PPPK non guru. Saat ini total yang sudah me-submit dan mengirim berkas lamaran 162 orang pendaftar. Sisanya 122 orang berkasnya belum sampai ke BKPSDM.

Baca juga: CPNS Kaltara 2021, Guru Honorer Tak Ikut Tanda Tangan Surat Peryataan, Bisa Ikut PPPK Guru Tarakan

Untuk data yang masuk Minggu (11/7/2021) pelamar mendaftar online 138 pelamar. Dan pelamar dari domisili Tarakan sebanyak 108 pelamar, domisili Nunukan 9 pelamar, Malinau 4 pelamar dan Bulungan 5, Tasikmalaya 1, Bontang 1, Kutai Timur, Enrekang 1.

“Yang onlinenya sudah 162 orang sudah mengupload berkas dan sudah diperiksa. Tapi berkas fisiknya baru 44 berkas yang sampai ke BKPSDM dan dikirim oleh Kantor Pos Tarakan,” ungkap Eko kepada TribunKaltara.com.

Baca juga: Hindari Kerumunan, BKPSDM Tarakan Syaratkan, Pendaftar CPNS & PPPK Kirim Berkas lewat Kantor Pos

Lebih lanjut dibeberkannya, sistemnya sediri pendaftar mendaftar dan membuat akun di SSCASN setelah itu mencetak kartu pendaftaran. Barulah setelah mencetak bukti pendaftaran kemudian mendaftar dan mengupload berkas yang dipersyaratkan.

Untuk PPPK, kewenangannya ada di Kemendikbud. Sesuai Permenpan Nomor 28 Tahun 2001, untuk PPPK dalam hal ini BKPSDM hanya membantu mengumumkan. Sementara untuk berkas fisik pendaftar dikirimkan ke Kemendikbud.

Aktivitas pengirima berkas di Kantor Pos Kota Tarakan, Selasa (13/7/2021)
Aktivitas pengirima berkas di Kantor Pos Kota Tarakan, Selasa (13/7/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Rerata untuk CPNS yang sudah melamar rata-rata formasi teknis yang paling banyak. Kesehatan juga ada,” ujarnya.

Proses verifikasi sendiri dilanjutkan Eko ada beberapa hal yang akan diperiksa. Pertama surat lamaran boleh mengetik dan tulis tangan dan menggunakan meterai dibubuhi tanda tangan pendaftar. Kemudian kedua, Kartu Tanda Penduduk elektronik. Di sini akann diperiksakan nomor induk kependudukan (NIK) apakah sesuai dengan saat menggunakan NIK saat mendaftar di awal.

“Karena data NIK terintegrasi di Disdukcapil. Ketika dia tidak cocok maka dia tertolak oleh sistemnya. Bukan BKPSDM yang menolak tapi ditolak sistem,” ungkapnya.

Baca juga: CPNS Kaltara 2021, PPPK Tenaga Kesehatan Tana Tidung Tambah Persyaratan, Login sscasn.bkn.go.id

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved