Breaking News:

CPNS Kaltara

CPNS Kaltara 2021, Guru Honorer Tak Ikut Tanda Tangan Surat Peryataan, Bisa Ikut PPPK Guru Tarakan

pelaksanaan penerimaan PPPK guru memasuki proses pendaftaran dan proses seleksi berkas untuk Kota Tarakan.Guru honoret tak TTD bisa ikut, PPPK guru.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Wali Kota Tarakan, dr Khairul. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Tahapan pelaksanaan penerimaan PPPK guru tahun ini memasuki proses pendaftaran dan proses seleksi berkas untuk Kota Tarakan.

Sebelumnya diumumkan hanya ada tiga formasi untuk jalur PPPK guru yang dibuka. Yakni Guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Tarakan, Guru IPA di SMP Negeri 9 Tarakan dan Wali Kelas di SD Negeri 008 Kelurahan Lingkas Ujung.

Dijelaskan Wali Kota Tarakan dr Khairul, M.Kes, formasi khusus jalur PPPK ini sebelumnya dibuka usai tiga honorer yang bersedia menandatanngani surat kesediaan mengundurkan diri dari jabatanya di sekolah tempat ia mengajar Ketika nanti tak lolos dalam ujian PPPK.

Baca juga: CPNS Kaltara 2021, PPPK Tenaga Kesehatan Tana Tidung Tambah Persyaratan, Login sscasn.bkn.go.id

“Seandainya kalau formasi yang dia isi saat ini nanti diisi orang lain maka harus legowo berhenti jadi tenaga kontrak. Karena status mereka saat ini adalah tenaga kontrak. Digaji menggunakan APBN,” bebernya.

Ia melanjutkan, tidak mungkin Pemkot Tarakan menganggarkan dua sekaligus semisalnya guru honorer tersebut tidak diterima dan tempatnya diisi oleh guru lainnya dari backround Pendidikan yang sama yang lulus PPPK.

Baca juga: Penerimaan CPNS Kaltara 2021, KLHK Buka Formasi CPNS dan PPPK, Penempatan Balai TNKM Malinau

Untuk itulah pihaknya memberikan pilihan saat itu. PPPK dibuka asalkan seluruh honorer yang berstatus tenaga kontrak digaji Pemkot Tarakan yang mengajar di sekolah negeri siap mengundurkan diri dari jabatannya manakala formasinya diisi orang lain yang nilainya lebih tinggi alias dinyatakan lulus.

“Kita suruh buat pernyataan itu karena orang lain pun punya peluang untuk mengisi. Kalau misalnya bukan dia yang lulus kan tidak mungkin diduduki dua orang. Pertama bagaimana jam mengajarnya. Kedua penggajiannya gimana?” beber Khairul.

Kepala BKPSDM Tarakan, Budi Prayitno. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Kepala BKPSDM Tarakan, Budi Prayitno. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH (TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH)

Ia melanjutkan, meski anggaran berasal dari APBN melalui Dana Alokasi Umum (DAU) namun tetap lewat APBD Pemkot Tarakan.

“Ujungnya kita juga yang bayar. Makanya peluang itu ada maka kita suruh buatlah pernyataan. Kalau memang dia siap dibuka formasi dia bisa saja dia isi kalau dia lulus nilai terbaik bisa juga orang lain,” urainya.

Baca juga: Pendaftar CPNS Kaltara Lewat Daring Capai 245 Orang, Panitia Minta Pelamar Teliti Lengkapi Berkas

Artinya pula selama formasi yang dibuka misalnya jurusan Bahasa Indonesia dan IPA maka dari guru sekolah negeri dan swasta serta dari luar daerah bisa menjadi saingan terberat.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved