Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Laboratorium BSL-2 Dinkes Kaltara Tidak Lagi Layani PCR untuk Syarat Perjalanan

Laboratorium Bio Safety Level 2 atau Lab BSL-2 Dinkes Kaltara rekomendasi Kemenkes untuk PCR resmi, tidak melayani kepentingan syarat perjalanan.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Cornel Dimas Satrio
TribunKaltara.com / Maulana Ilhami Fawdi
Lab BSL-2 Milik Dinkes Kaltara (TRIBUNKALTARA.COM / MAULANA ILHAMI FAWDI) 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNG SELOR - Laboratorium Bio Safety Level 2 atau Lab BSL-2 Dinkes Kaltara yang dapat melakukan tes Polymerase Chain Reaction atau PCR untuk mengetahui Sars-CoV-2 atau virus corona, kini tak lagi melayani tes PCR untuk kepentingan syarat perjalanan.

Diungkapkan Jubir Satgas Covid-19 Kaltara Agust Suwandy, Lab BSL-2 kini hanya digunakan sebagai pemeriksaan sampel dari suspek dan kontak erat Covid-19 dari Kabupaten Kota di Kaltara.

"Berdasarkan Surat Pemberitahuan Kepala Dinkes Kaltara, Lab BSL-2 milik Dinkes tidak lagi melayani test PCR untuk kepentingan perjalanan," ujar Agust Suwandy, Jumat (16/7/2021).

"Untuk kepentingan lainnya juga tidak dilayani, kecuali untuk suspek dan kontak erat Covid-19 dari Kabupaten Kota," tambahnya.

Baca juga: Daftar Lab PCR Resmi di Kaltara untuk Syarat Perjalanan Naik Pesawat selama PPKM Darurat

Dengan demikian, Agust menyarankan kepada warga dan instansi pemerintahan di Kalimantan Utara untuk melakukan tes PCR di fasilitas kesehatan lain, yang telah terdaftar dengan jejaring laboratorium Kemenkes RI.

"Silakan bisa ke faskes atau klinik lainnya yang telah terdaftar dalam jejaring lab Kemenkes," katanya.

Sementara itu, Jubir Satgas Covid-19 Bulungan dr Heriyadi Suranta mengatakan beberapa fasilitas kesehatan di wilayah Bulungan telah masuk dalam daftar yang direkomendasikan oleh Kemenkes RI khususnya untuk melakukan tes rapid antigen.

"Untuk rapid antigen itu di Bulungan ada 12 yang masuk dalam daftar, 10 di Tanjung Selor, 2 ada di Bunyu," ujar dr Heriyadi Suranta.

Berikut ini daftar faskes yang direkomendasikan Kemenkes RI untuk rapid antigen:

- Klinik Bunyu Medika, Bunyu

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved