Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Hujan Deras Tak Turun di Tarakan, Embung Binalatung Nyaris Kering, Waspada Kemarau Terjadi Agustus

Embung Binalatung Kelurahan Kampung Satu nyaris mengalami kekeringan. Ini disebabkan curah hujan yang tak begitu tinggi.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Embung Binalatung di Kelurahan Kampung Satu Skip 

TRIBUNKALTARA.COM,TARAKAN – Kondisi Embung Binalatung Kelurahan Kampung Satu nyaris mengalami kekeringan. Ini disebabkan curah hujan yang tak begitu tinggi terjadi selama sepekan sehingga tak banyak menampung debit air hujan yang banyak.

Ini dibeberkan Dirut PDAM Tirta Alam Kota Tarakan, Iwan Setiawan kepada awak media, Minggu (18/7/2021). Dibeberkan Iwan, kondisi Embung Binalatung di Kelurahan Kampung Satu hanya menampung sekitar 500.000 meter kubik.

“Embung ini tidak memiliki sumber air. Hanya menampung air hujan. Embung Binalatung itu mensuplai ke Kampung Bugis dan IPA Kampung Satu Skip,” beber Iwan.

Baca juga: Tingkatkan Kualitas Air Bersih, Hal ini yang Dilakukan Plt Dirut PDAM Akiyambir Tana Tidiung

Dalam beberapa pekan ini, kondisi hujan tak begitu deras dan lama mengguyur Kota Tarakan. Sehingga lanjutnya tak cukup menampung embung yang ada di Kelurahan Kampung Satu Skip.

Per hari ini lanjutnya, ketinggian air di Embung Binalatung hanya di angka 47 sentimeter. Saat ini pula, ada salah satu IPA yang dihentikan sementara aliran airnya.

Baca juga: Pembangunan IPA Binalatung Dikebut, Walikota Khairul Sebut Warga Wilayah Timur Nikmati Air Bersih 

“Di Kampung Bugis ada dua IPA. Satunya berproduksi 60 liter per detik kali dua. Satunya kita stop karena airnya dari IPA Binalatung. Kalau diaktifkan maka IPA Binalatung akan habis. Jadi satu saja yang distop,” jelasnya.

Dampak dari dihentikan sementara aliran airnya, lanjut Iwan, ada beberapa daerah yang tidak mengalir air PDAM. Utamanya area Kampung Bugis belakang Asrama Polisi (Aspol) dan area Kampung Baru.

Kunjungan lapangan Wali Kota Tarakan dr. Khairul dan memantau sejumlah pembangunan termasuk pembangunan jembatan di wilayah Binalatung.
Kunjungan lapangan Wali Kota Tarakan dr. Khairul dan memantau sejumlah pembangunan termasuk pembangunan jembatan di wilayah Binalatung. (TRIBUNKALTARA.COM/ HO HUMAS PEMKOT TARAKAN)

Sementara untuk embung lainnya dilanjutkan Iwan dinyatakan aman. Baik Embung Persemaian yang berada di Kelurahan Karang Harapan dan Embung Rawasari serta Embung Bengawan.

“Yang bermasalah itu di Embung Binalatung saja. Dampak ini tidak dirasakan semua. Ini sedang digilir sementara,” jelasnya.

Baca juga: Pengaruhi Air Bersih, Masyarakat Adat Minta Pemerintah Seriusi Isu Kerusakan Lingkungan di Malinau

Ia melanjutkan, memang saat ini sudah memasuki musim kemarau. Dan Agustus 2021 mendatang diprediksi puncak kemarau terjadi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved