Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Lebih Cepat Menular, Virus Corona Varian Delta Juga Ditemukan di Malinau, Warga Diminta Waspada

Virus corona varian Delta kini telah ditemukan di Kalimantan Utara, termasuk di antaranya di Kabupaten Malinau.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Ilustrasi - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malinau menyelenggarkan vaksinasi Covid-19 pelayan publik di Kantor Bupati Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu. (TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Virus corona varian Delta saat ini telah ditemukan di seluruh kabupaten kota di Kalimantan Utara, termasuk Kabupaten Malinau.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Agust Suwandy melalui rilis pers menerangkan hasil uji spesimen Badan Litbang Kemenkes RI, 8 spesimen dari kabupaten/kota di Kaltara merupakan virus corona varian Delta.

Baca juga: Virus Corona Varian Delta Terdeteksi di Kaltara, Jubir Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Lakukan Ini

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malinau, John Felix Rundupadang membenarkan informasi tersebut.

"Benar. Berdasarkan informasi Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI, varian Delta Covid-19 sudah ditemukan di Kaltara, termasuk Malinau," ujarnya kepada TribunKaltara.com melalui pesan WhatsApp, Selasa sore (20/7/2021).

Sebelumnya, John Felix Rundupadang menjelaskan pihaknya bersama kabupaten/kota di Kaltara turut mengirimkan spesimen untuk diperiksa oleh Badan Litbang Kemenkes RI.

Hasilnya, dari 12 spesimen yang diperiksa oleh Badan Litbang Kemenkes RI, 8 diantaranya merupakan virus corona varian Delta. 1 spesimen berasal dari Kabupaten Malinau.

John Felix Rundupadang menjelaskan dibanding Covid-19 biasa, virus corona varian Delta dinilai lebih cepat menular.

"Covid-19 varian Delta sifatnya lebih menular dan dapat menurunkan efikasi vaksin," katanya.

Covid-19 varian delta yang pertama kali ditemukan di India tersebut telah merambah di seluruh kabupaten dan kota Provinsi Kalimantan Utara.

Sebelumnya diberitakan TribunKaltara.com, dari 8 spesimen positif Covid-19 varian Delta, 1 diantaranya merupakan spesimen asal Kabupaten Malinau.

Dengan rincian spesimen, 3 dari Kabupaten Tana Tidung, 2 dari Kota Tarakan, dan Kabupaten Malinau, Bulungan dan Nunukan masing-masing 1 spesimen.

Baca juga: Waspada, Virus Corona Varian Delta Sudah Ditemukan di Kalimantan Utara, Terbanyak di Tana Tidung

Dinas Kesehatan P2KB Malinau mengimbau masyarakat Malinau agar tetap waspada. Mengikuti anjuran Satgas Penanganan Covid-19 khusunya terkait pedoman 5 M.

"Cuci tangan dengan sabun di air mengalir lebih baik dari disinfeksi, menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," ungkapnya.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved