Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Persediaan Vaksin Covid-19 di Tarakan Kosong, Capaian Vaksinasi Masyaraat Belum Mencapai 15 Persen

Persediaan vaksin di Tarakan kosong, karena semua sudah dialokasikan untuk melaksanakan vaksinasi massal bagi masyarakat umum yang digelar TNI/Polri.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Sumarsono
TribunKaltara.com / Andi Pausiah
Aktivitas Vaksinasi Covid-19 di Kodim 0907 Tarakan, Rabu (7/7/2021). (TribunKaltara.com / Andi Pausiah) 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Memasuki pekan keempat Juli 2021, kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar Dinas Kesehatan Kota Tarakan sementara belum dilaksanakan bagi pelayan publik.

Menurut Wali Kota Tarakan dr. Khairul, M.Kes, persediaan vaksin saat ini kosong, karena semua sudah dialokasikan untuk melaksanakan vaksinasi massal bagi masyarakat umum yang digelar TNI/Polri.

Saat ini dijelaskan Khairul, pihaknya sudah mengajukan kepada pemerintah pusat untuk kembali mendapatkan alokasi vaksin tambahan.

Baca juga: Badan Intelijen Negara Daerah Kaltara Akan Gelar Vaksinasi Covid-19 Door to Door, Berikut Alasannya

Namun, kondisinya saat ini Indonesia bukanlah negara produsen yang memproduksi vaksin, sehingga  mau tak mau harus  menunggu  dari negara produsen.

“Sementara negara produsen saat ini juga butuh bahkan  ada yang melakukan embargo tidak boleh mengirim keluar vaksin itu. Dan harus memenuhi dahulu kebutuhan di dalam negeri masing-masing,” bebernya.

Vaksinasi bagi anak dan pelajar yang diinisisasi oleh Binda Kaltara bekerja sama dengan Kodim 0903 Bulungan dan Dinkes Bulungan, Senin (19/7/2021)
Vaksinasi bagi anak dan pelajar yang diinisisasi oleh Binda Kaltara bekerja sama dengan Kodim 0903 Bulungan dan Dinkes Bulungan, Senin (19/7/2021) (TRIBUNKALTARA.COM/ MAULANA ILHAMI FAWDI)

Informasi yang dihimpunnya, vaksin itu sudah dibayarkan semua dan hanya tinggal menunggu kedatangan untuk sekian juta dosis yang sebelumnya sudah dipesan.

“Ada dari Sinovac. Sebagian besar diambil dari China, ada dari juga AztraZeneca,” bebernya.

Wali Kota melanjutkan persediaan vaksin di Kota Tarakan saat ini masih kosong dan menunggu alokasi selanjutnya dari pemerintah pusat. Sementara capaian warga yang sudah disuntikkan vaksin belum sampai 20 ribu atau 15 persen. 

Total target warga divaksin yakni 160 ribu orang. Dan jika ada vaksin tersedia harus segera dihabiskan dan dilarang disimpan.

“Kan tidak boleh menyimpan. Harus dihabisi, kita menunggu juga dan kita lagi minta sampai sekarang masih menuggu lagi dialokasikan dari pusat,” bebernya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved