Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Kodim 0907/Tarakan Potong 6 Ekor Hewan Kurban, Dandim Berharap Daging Dinikmati Orang yang Berhak

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Selain di masjid-masjid dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Kodim 0907 Tarakan ikut melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Sumarsono
HO/Dandim Tarakan
Aktivitas pemotongan hewan kurban di Makodim 0907 Tarakan, Selasa (20/7/2021) kemarin. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Selain di masjid-masjid dan Rumah Pemotongan Hewan (RPH), tahun ini Kodim 0907 Tarakan kembali ikut melaksanakan pemotongan hewan kurban.

Hewan kurban yang dipotong berupa tiga ekor sapi dan tiga ekor lainnya kambing. Pemotongan dilakukan di Makodim 0907 Tarakan, Kelurahan Kampung Satu Skip.

Satu ekor sapi diserahkan Ketua DPD LDII Kota Tarakan Bambang Wijanarto kepada Dandim 0907 Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto.

Setelah dipotong, daging sapi dan kambing dibagikan kepada mustahik dan masyarakat sekitar.

Baca juga: Vaksinasi Massal Ketiga, Dandim 0910 Malinau Beber 90 Persen Prajuritnya sudah Divaksin Sinovac

Dandim Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari perayaan Idul Adha 1442 H dilanjutkan dengan pembagian daging kurban kepada anggota Kodim 0907 Tarakan dan masyarakat sekitar yang berhak menerima.

“Banyak hikmah yang bisa kita petik dari perayaan Idul Adha. Di samping untuk memupuk rasa kepedulian kita terhadap sesama umat muslim, dengan ini kita juga telah ikut membantu untuk membahagiakan saudara-saudara kita yang kurang mampu pada Hari Raya Idul Adha ini," beber Dandim.

Ketua DPD LDII Kota Tarakan Bambang Wijanarto menyerahan sapi kurban kepada Dandim 0907 Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto.
Ketua DPD LDII Kota Tarakan Bambang Wijanarto menyerahan sapi kurban kepada Dandim 0907 Tarakan Letkol Inf Eko Antoni Chandra Lestianto. (HO/Dandim Tarakan)

Ia menambahkan, makna yang paling penting dari kegiatan ini adalah rasa saling berbagi dan meningkatkan solidaritas serta kepedulian terhadap sesama.

"Kami berharap daging kurban yang akan kami bagikan bisa dinikmati masyarakat yang berhak menerima, meski jumlahnya tak banyak namun semoga bermanfaat," harapnya.

Baca juga: Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah, Jajaran Kodim 0910 Malinau Sembelih 7 Ekor Hewan Kurban

Menurut Dandim, di momen Idul Adha kemarin, pelaksanaan salat ikut dipantau personel Kodim 0907 Tarakan. Pemantauan langsug dari masing-masing jajaran Babinsa Kodim 0907 Tarakan.

Dalam pelaksanaanya, Babinsa bersama takmir masjid mewajibkan jemaah masjid melalui tahapan yakni dimulai dari pengukuran suhu, menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak antarjemaah.

Dandim 0907 Tarakan mengatakan, Babinsa ikut melaksanakan pemantauan di wilayah tugasnya  agar bisa memberikan pengamanan dari kegiatan ibadah salat berjamaah Idul Adha.

" Mengingat saat ini masih adanya wabah Covid-19 maka kehadiran para Babinsa juga memastikan pelaksanaan salat jemaah sesuai dengan protokol kesehatan," tegasnya.

Baca juga: Jumlah Hewan Kurban di Masjid Al-Amin Bertambah, Wali Kota Tarakan dr Khairul Turut Serahkan Sapi

Ia menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan tempat ibadah ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ini bukan berarti di wilayah pantauan tidak aman, melainkan pantauan ini bentuk antisipasi kami di tengah pandemi Covid-19 saat ini yang masih mewabah di tanah air,”pungkasnya. (*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved