Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Malinau Terapkan PPKM Level 3, Permintaan Alat Pelindung Diri dan Alat Tes Antigen Meningkat

Kabupaten Malinau telah ditetapkan sebagai salah satu daerah di Kalimantan Utara yang menerapkan PPKM Level 3.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Amiruddin
TRIBUNKALTARA.COM/MOHAMMAD SUPRI
Rapat virtual Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau bersama Pengelola Rumah Sakit dan PKM di seluruh Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Selasa (27/7/2021). (TribunKaltara.com / Mohammad Supri) 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Kabupaten Malinau merupakan wilayah Kaltara yang menerapkan kriteria Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3.

Hal tersebut tercantum dalam Intruksi Menteri dalam Negeri (Inmendagri) 26/2021 dan Intruksi Gubernur Kalimantan Utara nomor 370/2510/BPBD/GUB tentang PPKM Level 3 di Malinau dan KTT.

Baca juga: Progres Vaksinasi Covid-19 di Malinau hingga Juli 2021, Dinkes Sebut Permintaan Vaksin Sangat Tinggi

Seiring peningkatan angka konfirmasi dan penerapan PPKM Level 3 di Malinau, permintaan kelengkapan penanggulangan Covid-19 juga semakin meningkat.

Hal tersebut dipaparkan dalam rapat Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau dan sejumlah perwakilan Rumah Sakit dan Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM).

Dalam pertemuan virtual tersebut, Kepala Rumah Sakit Langap, dr. Setly menjelaskan kebutuhan yang paling mendasar di Fasyankes tersebut adalah ketersediaan alat pelindung diri atau APD bagi Nakes.

"Jenis kebutuhan yang sangat diperlukan adalah ketersediaan APD dan tes antigen. Di Kecamatan Malinau Selatan saat ini, jumlah APD sangat minim, dikaitkan dengan peningkatan angka konfirmasi yang semakin bertambah," ujarnya, Selasa (27/7/2021).

Demikian halnya dengan ketersediaan alat untuk mendeteksi virus corona, rapid antigen baik untuk kebutuhan tracing maupun untuk pemeriksaan awal dugaan kasus konfirmasi.

Hal yang sama disampaikan Kepala PKM Tanjung Lapang, Malinau Barat, dr. Riska. Ia menjelaskan alat tes antigen menjadi kebutuhan utama dalam penerapan 3T di wilayah tersebut.

"Hitungannya satu orang butuh 2 rapid tes antigen, karena kita perlu memastikan sebelum dan setelah Isoman. Artinya kalau ada 10 orang, butuh kurang lebih 1 dus alat rapid Antigen," katanya.

Baca juga: Malinau Masuk PPKM Level 3 di Kaltara, Tempat Usaha Masih Diizinkan Beroperasi, Simak Ketentuannya

Dua kebutuhan tersebut dinilai akan semakin meningkat sejalan dengan tingginya angka konfirmasi Covid-19 di Malinau.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved