Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Gubernur Zainal Paparkan Kondisi Kaltara, Ada 23.923 Positif Covid-19, Capaian Vaksinasi 8,14 Persen

Gubernur Kaltara memaparkan, pada 5 Agustus 2021, terdapat 23.923 konfirmasi positif Covid-19. capian vaksinasi 8,14 persen.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ DISPEN
Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat memaparkan kondisi terkini Kaltara di masa pandemic kepada Pannglima TNI dan Kapolri, Jumat (6/8/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Di momen kunjungan Panglima TNI dan Kapolri, Jumat (6/8/2021) kemarin, Gubernur Kaltara ikut menyambut kedatangan rombongan.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur memaparkan kondisi terkini di Kaltara.

Ia memaparkan, pada 5 Agustus 2021, terdapat 23.923 konfirmasi positif Covid-19. Dari jumlah tersebut, 422 orang meninggal dunia, sementara 6.021 orang masih dalam proses perawatan.

Baca juga: Gubernur Kaltara Masih Menunggu Penerapan PPKM, Minta Masyarakat Lebih Disiplin Prokes

Dua bulan terakhir lanjut Gubernur, terdapat lonjakan jumlah konfirmasi positif di Kalimantan Utara. Bahkan dalam lima hari terakhir, terdapat penambahan 2.489 kasus baru.

Menurut data peta zona risiko dari satuan tugas penanganan Covid-19 secara nasional, dari lima kabupaten dan kota di Kaltara lanjutnya, Kabupaten Tana Tidung memiliki risiko sedang. Sementara tiga kabupaten dan satu kota berada dalam zona merah atau risiko tinggi.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Bupati Nunukan Beri Bantuan Uang Tunai ke Pasien Positif Covid-19 

Berdasarkan hasil pemeriksaan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) RI, penemuan varian Delta B.1.617.2 di Kaltara pertama kali dilaporkan 16 Juli 2021 lalu.

“Pemprov Kaltara terus berupaya mengejar capaian vaksinasi Covid-19. Mengingat tingkat pelaksanaan vaksinasi kami masih berada di bawah capaian vaksinasi nasional,” bebernya.\

Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat memaparkan kondisi terkini Kaltara di masa pandemic kepada Pannglima TNI dan Kapolri, Jumat (6/8/2021).
Gubernur Provinsi Kaltara, Zainal Arifin Paliwang saat memaparkan kondisi terkini Kaltara di masa pandemic kepada Pannglima TNI dan Kapolri, Jumat (6/8/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ DISPEN)

Vaksinasi dosis satu masih berada pada angka 17,71 persen, dan vaksinasi dosis dua, pada angka 8,14 persen dari target sasaran vaksinasi estimasi pemerintah pusat.

“Salah satunya adalah kegiatan yang baru kami laksanakan kemarin. Kami telah melaksanakan vaksinasi kepada 1.500 tenaga pendidik tingkat perguruan tinggi se-Kota Tarakan,” bebernya.

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 di Malinau, 5.104 Sasaran Selesai Divaksin, 14.070 Menunggu Dosis Dua

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama BIN Daerah (BINDA) Kaltara, Pemprov Kaltara, Pemkot Tarakan dan Universitas Borneo Tarakan. Ia melanjutkan, Pemprov Kaltara juga secara rutin melakukan pemantauan atas ketersediaan obat-obatan, alat kesehatan, oksigen medis dan ketersediaan tempat tidur atau bed occupancy ratio (BOR) di setiap rumah sakit.

“Dari pemantauan tersebut, saat ini kebutuhan yang paling utama adalah ketersediaan oksigen, sedangkan untuk obat-obatan dan kebutuhan lainnya masih cukup dan tersedia,” jelasnya.

Ia kembali melanjutkan, belum lama ini beberapa perusahaan seperti PT Kayan Putra Utama Coal (KPUC) dan PT Pupuk Kaltim serta beberapa pengusaha lainnya turut memberikan bantuan oksigen medis sebagai bentuk kontribusi untuk penanganan pandemi ini di Kaltara.

Baca juga: Kebutuhan Oksigen 60 Tabung Sehari, Direktur RSUD Malinau dr Ni Putu Ria: 1 Tabung Bertahan 45 Menit

“Dan telah kami distribusikan ke kabupaten atau kota sesuai dengan kebutuhan. Kami selalu dengan tangan terbuka mengajak pihak-pihak yang turut membantu penanganan Covid-19 ini,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved