Berita Nunukan Terkini

Batal Donor Plasma Konvalesen, Lanal Nunukan Gelar Donor Darah Reguler, Targetkan 41 Kantong Darah

Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan, Kalimantan Utara menggelar kegiatan donor darah reguler difasilitasi Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Nunukan.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Sumarsono
Tribun Kaltara
Aksi donor darah dalam rangka HUT ke-75 Jalasenastri tahun 2021, Pangkalan TNI AL (LANAL) Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (12/08/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Dalam rangka HUT ke-75 Jalasenastri 2021, Pangkalan TNI AL (Lanal) Nunukan, Kalimantan Utara menggelar kegiatan donor darah reguler difasilitasi Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Nunukan, Kamis (12/8/2021), kemarin.

Komandan Lanal Nunukan, Letkol. Laut (P) Nonot Eko Febrianto, mengatakan sebelumnya agenda nasional TNI AL yang dilakukan serentak se-Indonesia itu terfokus pada donor plasma konvalesen.

Diketahui, donor plasma konvalesen merupakan metode pengambilan darah plasma dari penyintas Covid-19 yang dapat diberikan sebagai terapi bagi pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Baca juga: Tanggulangi Covid-19, 3 Lembaga Kolaborasi Edukasi Warga tak Takut Donor Darah Kala Pandemi Corona

Namun, karena Kabupaten Nunukan saat ini belum memiliki alat untuk melakukan donor plasma, Nonot mengatakan, giat hanya berupa donor darah reguler.

Komandan Lanal Nunukan, Letkol. Laut (P) Nonot Eko Febrianto
Komandan Lanal Nunukan, Letkol. Laut (P) Nonot Eko Febrianto (Tribun Kaltara)

"Tujuan kegiatan ini untuk membantu pemerintah dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19. Tapi, di Nunukan sendiri hanya bisa melakukan donor darah regular.

Hal ini seperti disampaikan melalui vicon oleh Ketua Umum PMI Nasional Jusuf Kalla, tidak semua PMI di daerah memiliki alat konvalesen," kata Nonot Eko Febrianto kepada TribunKaltara.com, Jumat (13/8/2021) pagi.

Adapun peserta yang hadir sebanyak 41 orang dengan rincian 30 prajurit TNI AL, 4 orang dari Polres Nunukan dan 7 orang dari ibu-ibu Jalasenastri.

Baca juga: Momen Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, PMI Tarakan Gelar Perayaan Sederhana dengan Lakukan ini

"Target kami 41 kantong darah. Alasan tidak semua prajurit LANAL Nunukan ikut, karena dua bulan sebelumnya beberapa prajurit telah mendonorkan darahnya dalam rangka HUT TNI. Dan sebagian lagi baru selesai mengikuti vaksinasi Covid-19," ucapnya.

Melalui giat donor darah reguler itu, Nonot Eko menargetkan sebanyak 41 kantong darah dapat disumbangkan kepada PMI Nunukan.

"Semoga melalui donor darah ini, dapat membantu pasien yang membutuhkannya. Seperti motto di PMI, satu tetes darah anda seribu nyawa bagi mereka," ujarnya.

Baca juga: Danlanal Nunukan Letkol Laut Nonot Eko Febrianto Beber Alasan Speed Boat Sering Masuk Jalur Malaysia

Pada kesempatan itu, Nonot Eko mengajak semua warga Kabupaten Nunukan untuk selalu disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

"Perang melawan Covid-19 itu tugas kita semua. Maka sinergitas perlu terus dijaga dengan baik" ungkapnya.

Penulis: Febrianus Felis

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved