Berita Tarakan Terkini

Momen Peringatan Hari Donor Darah Sedunia, PMI Tarakan Gelar Perayaan Sederhana dengan Lakukan ini

Momen peringatan Hari Donor Darah Sedunia, PMI Tarakan gelar perayaan sederhana dengan lakukan ini.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Momen penyerahan penghargaan secara simbolis dari Ketua PMI Tarakan kepada salah seorang pendonor aktif di Markas PMI Kota Tarakan di momen Hari Donor Darah Sedunia. TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Momen peringatan Hari Donor Darah Sedunia, PMI Tarakan gelar perayaan sederhana dengan lakukan ini.

14 Juni 2021 hari ini bertepatan jatuhnya Hari Donor Darah Sedunia. Markas Palang Merah Indonesia ( PMI) Kota Tarakan ikut merayakan hari bersejarah bagi organisasi berlambang bulan sabit merah ini.

Perayaan Hari Donor Darah di Markas PMI Tarakan digelar sederhana namun cukup banyak pendonor yang datang mendonorkan darahnya. Terhitung lebih dari 70 pendonor yang datang ke markas PMI yang berlokasi di Kelurahan Kampung 1 Skip.

Baca juga: Hasil Galang Dana Terkumpul Rp13 Juta, PMI Malinau akan Belikan Kebutuhan Korban Banjir

Baca juga: PMI Malinau Galang Donasi Terkumpul Belasan Juta, Salurkan Paket Bantuan kepada Korban Banjir

Baca juga: Permintaan Darah Selama Ramadan Meningkat Drastis, PMI Tarakan Catat Sebanyak 1.050 Kantong Sebulan

Dibeberkan Hamid Amreen, Ketua PMI Kota Tarakan, pada Senin (14/6/2021) hari ini, rangkaian memperingati Hari Donor Darah Sedunia, selain kegiatan donor darah dari masyarakat juga ada penyerahan penghargaan secara simbolis bagi tiga pendonor yang sudah sampai mendonorkan darahnya hingga ke-25 kali dan ke-45 kali.

Dikatakan Hamid Amreen, kebutuhan darah di Tarakan selalu terpenuhi. Atas kesadaran relawan dan masyarakat. Dalam dua bulan terakhir rata-rata disebutkan Hamid Amreen, permintaan darah dari rumah sakit sekitar 1.200 kantong per bulan dengan kategori berbagai macam golongan darah.

Biasanya kantong darah disalurkan ke lima rumah sakit di Kota Tarakan di antaranya RSUD Tarakan, RSUKT, Rumah Sakit Bhayangkara, RSAL Ilyas, dan Rumah Sakit Pertamina.

Stok darah dari pendonor sukarela diakuinya cukup tinggi. Ada pula istilah donor pengganti.

"Ada orang bawa keluarga ke RS. Ketika diperiksa dokter, hemoglobin (HB) turun harus transfusi darah. Begitu pesan ke PMI, tok darah misalnya AB sedang kosong. Maka keluarga pasien mencari rekannya keluarganya untuk mendonorkan darahnya," ungkap Hamid Amreen.

Dari pihaknya juga tetap menghubungi pendonor yang sudah waktunya mendonor baik dari perkantoran, Brimob dan 613 Raja Alam.

Lebih jauh ia menjelaskan, darah memiliki fungsi seperti obat. Obat masih bisa dibeli di apotik dengan harga berapapun. Namun darah, tak bisa dibeli perlakuannya seperti obat. Ketika HB pasien turun, maka cara mengembalikan kondisi normal hanya dengan transfusi darah.

"Walaupun ajal di tangan Tuhan. Makanya ini darah tidak bisa diproduksi. Belum ada ilmu kedokteran yang bisa memproduksi darah dan dibebasjualkan di apotik," beber pria yang saat ini juga menjabat sebagai Sekkot Tarakan.

Lebih jauh disampaikannya lagi, 14 Juni 2021 hari ini, di seluruh dunia sedang memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Hari ini momen kilas balik pentingnya memberikan kesadaran kepada manusia untuk melakukan donor darah yang merupakan aksi kemanusiaan.

"Maka diambillah tema, Give Blood and Keep The World Beating, artinya berikan darah dan jaga dunia agar tetap berdetak. Tidak ada pilihan ketika dokter katakan harus transfusi darah maka harus transfusi darah," bebernya.

Di momen hari ini lanjutnya ia juga berterima kasih kepada warga yang sudah datang meskipun hanya disampaikan imbauan lewat media sosial. "Hari ini yang sukarela datang menyumbang darah lebih 70 orang. Itu kesadaran masyarakat yang luar biasa menurut kami," ungkapnya. Disamping tetap melakukan upaya jemput bola. Semua organisasi boleh dari manapun bisa menyumbangkan darahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved