Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Dinas Kesehatan Malinau Kirim 1.270 vial Vaksin, Sasar Warga di Perbatasan RI-Malaysia

Sasaran vaksinasi di Kabupaten Malinau berjumlah 43.741 penerima yang tersebar di 15 wilayah kecamatan. Kirim 1.270 vial vaksin lewat pesawat.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Pengiriman APD, obat-obatan dan perbekalan medis ke perbatasan RI-Malaysia dari Bandara Kol RA Bessing Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Klbeberapa waktu lalu 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Sasaran vaksinasi di Kabupaten Malinau berjumlah 43.741 penerima yang tersebar di 15 wilayah kecamatan.

Pencanangan vaksinasi Covid-19 tidak hanya diprioritaskan di wilayah perkotaan, juga menyasar masyarakat di wilayah pedalaman dan perbatasan RI-Malaysia.

Dinas Kesehatan P2KB Malinau rencananya akan mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 dosis pertama ke wilayah pedalaman dan perbatasan RI-Malaysia.

Baca juga: Evaluasi Vaksinasi di Pulau Sadau Kota Tarakan, Masih Ada Warga Enggan Divaksin, Ini Alasannya

"Pekan ini kita coba menjangkau masyarakat di perbatasan. Kami sudah alokasikan 1.270 vial vaksin untuk masyarakat kita di wilayah tersebut," ujarnya, Kamis (26/8/2021).

Dosis vaksin tambahan saat ini telah tiba di Kabupaten Malinau. Sebanyak 500 vial vaksin AstraZeneca diprioritaskan untuk penerima dosis pertama.

Baca juga: Update Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Tana Tidung, Capai 6.549 Dosis atau 29,93 Persen

Guna efektivitas penyaluran vaksin, stok vaksin untuk wilayah pedalaman dan perbatasan tersebut harus dikirim dalam jumlah besar.

Mengingat cost atau biaya pengiriman menelan biaya yang cukup besar. Satu-satunya alternatif penyaluran vaksin adalah melalui transportasi udara.

Pengiriman APD, obat-obatan dan perbekalan medis ke perbatasan RI-Malaysia dari Bandara Kol RA Bessing Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Klbeberapa waktu lalu
Pengiriman APD, obat-obatan dan perbekalan medis ke perbatasan RI-Malaysia dari Bandara Kol RA Bessing Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Klbeberapa waktu lalu (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

"Rencananya kita kirim pekan depan. Sebagian kalau sudah ada pesawatnya dikirim minggu ini. Jumat dan Sabtu ini ada pesawat ke Long Sule (Kayan Hilir), kita kirim ke sana," katanya.

Tambahan stok vaksin Covid-19 tersebut diperuntukkan khusus untuk penanganan Covid-19 di wilayah perbatasan dan pedalaman.

Baca juga: Vaksinasi Dosis 1 di Nunukan Baru 17,82 Persen, Dinkes Sebut Masyarakat Segera Disuntik Moderna

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau menetapkan wilayah Apau Kayan sebagai wilayah zona prioritas penanganan belajar dari ledakan kasus konfirmasi yang terjadi sebulan lalu.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved