Breaking News:

Berira Kaltara Terkini

Cari Masakan Nusantara Khas Kupang Nusa Tenggara Timur, Datang Aja ke  Se’i Sapi Kana, Ini Lokasinya

Se’i Sapi Kana. Se’i Sapi Kana ini sebenarnya adalah nama restorant yang berlokasi di Jalan K.H. Agus Salim, Kelurahan Selumit, Kota Tarakan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH
Tampak olahan Se’i Sapi Kana dengan berbagai varian sambal yang menggugah selera. 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Edisi kuliner kali ini, akan membahas makanan khas asal Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang ada di Kota Tarakan.

Namanya Se’i Sapi Kana. Se’i Sapi Kana ini sebenarnya adalah nama restorant yang berlokasi di Jalan K.H. Agus Salim, Kelurahan Selumit, Kota Tarakan.

Ada banyak pilihan menu ditawarkan kepada pelanggan di tempat ini. Tim TribunKaltara.com, berkesempatan mencicipi langsung kelesatan olahan daging sapi belum lama ini di Se’i Sapi Kana.

Ada dua varian menu yang ditawarkan dalam restorant ini yaitu ayam dan sapi. Selain itu banyaknya varian sambel yang menambah nikmatnya hidangan se'i ini di antaranya Sambal Matah, Sambal Rica-Rica, Sambal Ijo, Sambal Lada Hitam dan Sambal Luat.

Baca juga: Daftar Promo Kuliner di Hari Kemerdekaan 17 Agustus: McD, Burger King hingga Ichiban Sushi

Selain menyajikan sambal, juga ia tak lupa melengkapi untuk tambahan sayurannya menggunakan daun singkong yang sudah ditumis dan semangkuk kuah khas yang ikut disajikan bersama varian sambalnya.

Kata Wiarawan, Head of Marketing Se’i Sapi Kana, Sei Sapi Kana berdiri sejak 2019 di Agustus lalu. Cabang pusat ada di Jogjakarta. Asal muasal namanya sendiri, kata Se’i ini diadopsi dari masakan khas NTT tepatnya di Kupang.

Baca juga: 5 Zodiak yang Paling Jago Memasak: Capricorn Suka Masak Makanan Rumit, Libra Suka Kuliner

“Kalau di Kupang daging yang digunakan daging babi. Nah, oleh owner kami, Mas Andra Lesmana, coba menggunakan daging sapi. Kebetulan beliau juga asalnya dari Timur,” beber Wirawan.

Lebih lanjut ia menjelaskan, owner ingin menghadirkan dan menusantarakan masakan khas Timur. Adapun terminologi katanya, untuk kata Se’i diartikan daging asap yang disayat dalam bentuk kecil dan Kana diartikan Kaka Nona.

Tampak olahan Se’i Sapi Kana dengan berbagai varian sambal yang menggugah selera
Tampak olahan Se’i Sapi Kana dengan berbagai varian sambal yang menggugah selera (TRIBUNKALTARA.COM/ ANDI PAUSIAH)

“Jadi disingkat Kana atau Kaka Nona begitu. Se'i Sapi Kana sudah memilikk 100 cabang yang tersebar di seluruh nusantara yang berada di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali. Kemudian ada juga di Kalimantan, Sulawesi dan Manado dan kami mau hadir lagi di Bukittinggi,” ujarnya.

Di Kaltara sendiri baru dibuka di Kota Tarakan sejak 27 Juni 2021 lalu. Lebih lanjut ia menjelaskan inti dari proses pengolahan daging yakni di proses pengasapan. Membutuhkan sekitar 8 jam lamanya untuk proses pengasapan.

Baca juga: Pandemi Covid-19, UMKM di Kota Tarakan Meningkat Jadi 13 Ribu, Paling Banyak Usaha Kuliner

Sementara itu, Supervisor Se’i Sapi Kana, Muhammad Reza Pahlevi mengungkapkan, adapun menu favorit yang bisa disajikan di Se’i Sapi Kana di antaranya ada Se’i Sapi Sambel Luat kemudian Mie Goreng Sei dan Nasi Goreng Sei.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved