Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Penguatan Peran Komunitas & Organisasi Siswa Diusulkan, Jadi Solusi Kelanjutan PTM Terbatas Malinau

Peran Komunitas dan organisasi siswa ini dinilai efektif, jadi solusi untuk kelanjutan PTM terbatas di Malinau

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Hari ketiga pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di satuan pendidikan Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (9/9/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Pembelajaran Tatap Muka atau PTM terbatas di Kabupaten Malinau mulai digelar serentak sejak Selasa, 7 September 2021.

Hasil kesepakatan bersama Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Malinau, PTM terbatas di 4 wilayah kecamatan meliputi Kecamatan Malinau Kota, Malinau Utara, Malinau Barat dan Mentarang akan dievaluasi tiap pekan.

Ketua Komisi 1 DPRD Kabupaten Malinau, Dolvina Damus menyampaikan sebelumnya komisi yang membawahi bidang pendidikan tersebut telah memantau pelaksanaan PTM terbatas.

Baca juga: Dinas Kesehatan Malinau Siapkan 475 Vial Sinovac, Vaksinasi Peserta Didik Menyesuaikan Selama PTM

Menurutnya ada sejumlah hal yang perlu menjadi bahan evaluasi pelaksanaan PTM terbatas. Khususnya mengenai aktivitas yang berisiko mengancam keselamatan jiwa peserta didik.

“Pantauan kami kemarin, dari segi sarana prasarana sebenarnya rata-rata mumpuni. Tapi yang perlu dievaluasi adalah aktivitas peserta didik. Saat jeda pelajaran atau sepulang sekolah. Kalau tidak diawasi, ini bisa menimbulkan masalah baru,” ujarnya kepada TribunKaltara.com, Kamis (9/92021).

Baca juga: Sudah 2 Minggu PTM Terbatas di SDN 001 Sebatik Timur Dilakukan, Pulau Nunukan Tunggu Satgas Coid-19 

Utamanya bagi satuan pendidikan jenjang PAUD dan Sekolah Dasar. Pengenalan dini mengenai protokol kesehatan menjadi penentu keberlanjutan program belajar tatap muka.

Komisi 1 DPRD Malinau menilai selain sekolah dan orang tua, peserta didik berperan penting. Sehingga satu dari sekian solusi yang ditawarkan adalah penguatan lembaga atau organisasi siswa di masing-masing sekolah.

Hari ketiga pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di satuan pendidikan Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (9/9/2021).
Hari ketiga pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas di satuan pendidikan Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (9/9/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

“Menurut kami, selain sekolah dan orang tua siswa, perlu ada komitmen peserta didik. Bisa diterapkan melalui lembaga siswa, kalau dulu kita kenal namanya dokter kecil atau melalui OSIS.

Komunitas atau organisasi siswa ini dinilai efektif. Sebab, biasanya pergaulan rekan sebaya sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak.” katanya.

Baca juga: Peserta Didik Malinau Dianjurkan Bawa Bekal dari Rumah, PTM Terbatas Dievaluasi Per Pekan

Rencananya, PTM terbatas akan dievaluasi setiap pekan. Kesiapan sekolah hingga ketaatan peserta didik menjadi satu dari sekian penilaian Satgas untuk melanjutkan tatap muka di masing-masing sekolah.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved