Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

TNI Gelar Seminar Bahas Ruang Siber di IKN Hadirkan Rektor Uniba dan Pakar Siber Prof Eko Indrajit

Seminar nasional mengambil tema Desain Arsitektur Ruang Siber Ibu Kota Negara dalam Persfektif Pertahanan Keamanan guna Meningkatkan Cyber Awareness.

HO
Seminar Nasional mengambil tema Desain Arsitektur Ruang Siber Ibu Kota Negara (IKN) dalam Persfektif Pertahanan Keamanan guna Meningkatkan Cyber Awareness yang digelar TNI. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN - Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) yang juga Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kaltim Dr Isradi Zainal, Pakar Siber yang juga Rektor Universitas Pradita Prof. Eko Indrajit dan Kasubdit 5 Ditkrimsus Polda Kaltim Kompol Sugeng Subagio menjadi narasumber seminar nasional yang digelar Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Seminar nasional mengambil tema Desain Arsitektur Ruang Siber Ibu Kota Negara (IKN) dalam Persfektif Pertahanan Keamanan guna Meningkatkan Cyber Awareness.

Acara yang dilaksanakan oleh Satsiber TNI dilaksanakan di Aula Makodam VI Mulawarman dan dibuka oleh Pangkogabwilhan II Marsekal Madya TNI Imran Baidirus.

Baca juga: UU IKN dan Tahapan Pembangunan Ibu Kota Negara Baru di Sepakunegara Kaltim

Rektor Uniba Dr Isradi Zainal menjadi pembicara pada seminar nasional dengan tema Desain Arsitektur Ruang Siber Ibu Kota Negara (IKN) dalam Persfektif Pertahanan Keamanan guna Meningkatkan Cyber Awareness.
Rektor Uniba Dr Isradi Zainal menjadi pembicara pada seminar nasional dengan tema Desain Arsitektur Ruang Siber Ibu Kota Negara (IKN) dalam Persfektif Pertahanan Keamanan guna Meningkatkan Cyber Awareness. (HO)

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Kasdam VI Mulawarman Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, Dansat Siber TNI, serta sejumlah undangan dari Forkominda, akademisi, mahasiswa dan komunitas Siber.

Dalam sambutannya, Pangkogabwilhan II Marsekal Madya Imran Baidirus mengatakan, perkembangan teknologi dan informasi telah mengubah realitas baru di era digital.

Saat ini dengan hadirnya wilayah non fisik yang dikenal sebagai ruang cyber (cyber space).

Sementara itu, Rektor Uniba Isradi zainal dalam paparannya menyampaikan, appresiasi kepada TNI atas prakarsa menggelar seminar nasional terkait ruang siber (cyber space) di IKN.

Isradi yang saat ini masih menjabat Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDT) yang membawakan materi Hoax, Intelektua dan IKN dalam kaitannya dengan ruang siber (cyber space).

Ia menjelaskan, bahwa perkembangan teknologi dan informasi turut menunjang munculnya 'hoax' yang bisa berdampak negatif terhadap masyakat, bangsa dan Negara.

Berdasarkan hasil penelitian bersumber dari media sosial 90,3%, aplikasi chat 62,8%, situs web 34,9%,televisi 8,7 %, media cetak 5%, dan lain-lain.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved