Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Alumni UGM di Balikpapan Tanam 33 Spesies Bambu di Kebun Raya Balikpapan, Bisa Jadi Tempat Edukasi

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Pengurus Cabang Balikpapan melakukan kunjungan ke Kebun Raya Balikpapan pada Sabtu 18 September 2021.

Editor: Sumarsono
IST/Kagama
Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Pengurus Cabang Balikpapan melakukan kunjungan ke Kebun Raya Balikpapan (KRB) pada Sabtu 18 September 2021. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Pengurus Cabang Balikpapan melakukan kunjungan ke Kebun Raya Balikpapan (KRB) pada Sabtu 18 September 2021.

Ikut dalam rombongan Kagama Balikpapan, Wakil Ketua II Pengurus Pusat Kagama Anwar Sanusi, PhD yang saat ini menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja.

Dalam acara tersebut turut hadir Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Balikpapan Tommy Alfianto serta Kepala UPTD Kebun Raya Balikpapan Arrizal Rahman.

Ketua Harian Pengurus Cabang Kagama Balikpapan Yuniar Surindrasworo menjelaskan, kehadiran Kagama Balikpapan kali ini untuk menyerahkan sekaligus penanaman 33 spesies bambu yang berasal dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Kagama Menginisiasi Budidaya Buah Anggur di Desa Inklusif Karya Jaya Kutai Kartanegara

Selain yang tertanam hari ini, berikutnya akan segera ditambahkan lagi 40 spesies bambu lainnya.

Harapannya, selain memperkaya koleksi tanaman bambu di KRB juga bisa menjadi ajang edukasi diversifikasi hasil produk olahan bambu  untuk meningkatkan perekonomian Kota Balikpapan.

Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Pengurus Cabang Balikpapan melakukan penanaman bambu di Kebun Raya Balikpapan (KRB) .
Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Pengurus Cabang Balikpapan melakukan penanaman bambu di Kebun Raya Balikpapan (KRB) . (IST/Kagama)

Didik Anggrat, salah satu donatur bibit bambu menyatakan, baju kaos yang dikenakan saat ini dibeli dari luar negeri yang dibuat bahan baku dari serat bambu.

“Mestinya di Indonesia, khususnya Balikpapan juga bisa memproduksi bahan yang sama,” ujarnya.

Plt. Kepala DLH Balikpapan Tommy Alfianto menyampaikan apresiasi atas peran Kagama Balikpapan dalam kontribusi memperkaya koleksi KRB.

Baca juga: Kagama Balikpapan Berbagi Makanan & Minuman Sehat untuk Petugas yang Terlibat Penanganan Covid-19

Sebelum ini, tiga tahun lalu Kagama Balikpapan juga sudah melakukan penanaman puluhan pohon Meranti, dan sampai saat ini telah tumbuh dengan baik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved