Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Kebakaran di Jalan Kesuma Hanguskan Dapur Kafe Galileo, Api Diduga dari Ledakan Kompor

Kebakaran terjadi sekitar pukul 07.30 WITA di Jalan Kusuma Bangsa Kelurahan Gunung Lingkas, RT 11, Minggu (26/9/2021).Dapur cafe Galileo hangus.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI SATPOL PP DAN PMK KOTA TARAKAN
Proses pemadaman dilakukan oleh petugas PMK Kota Tarakan, Minggu (26/9/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Kebakaran terjadi sekitar pukul 07.30 WITA di Jalan Kusuma Bangsa Kelurahan Gunung Lingkas, RT 11, Minggu (26/9/2021).

Diungkapkan Irwan, Kasi Pemadam Kebakaran pada dinas Satpol PP dan PMK Kota Tarakan, pihaknya menerima laporan kebakaran pukul 08.15 WITA.

Kemudian tim menuju ke lokasi dan sampai ke lokasi TKP yakni bagian dapur Galileo, salah satu kafe dan rumah makan yang berlokasi di RT 11 Kelurahan Gunung Lingkas, sekitar pukul 08.30 WITA.

Baca juga: Misteri Penyebab Kebakaran Lapas Tangerang Belum Terkuak, Kalapas Diperiksa, Bakal Ada Tersangka?

“Kami langsung cek situasi ternyata wilayah dapur. Di lantai dua di atas kami cek juga karena hawa panas kami kira ada titik api ternyata memang karena gedungnya tertutup tidak ada udara dari luar masuk ke dalam,” ujarnya.

Langkah pertama dilakukan pihaknya, menggelar selang nozzle dan juga membuka semua ventilasi, pintu dan jendela agar ada akses udara masuk ke ruangan dan mengurangi tingkat udara yang panas di dalam ruangan.

Baca juga: Pengakuan Korban Kebakaran Lapas Tangerang, Napi Ramai Menjerit saat Api Berkobar, 41 Nyawa Melayang

“Menurut saksi mata, lagi bersih-bersih mau memanaskan sarapan. Tiba-tiba langsung meledak dari kompor,” ujarnya.

Ia melanjutnya, api yang berasal dari kompor cukup besar di dalam dapur namun pihaknya sudah melakukan blocking di wilayah dapur sehingga api tak sempat merembet memasuki ruangan lainnya.

Proses pemadaman dilakukan oleh petugas PMK Kota Tarakan, Minggu (26/9/2021).
Proses pemadaman dilakukan oleh petugas PMK Kota Tarakan, Minggu (26/9/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ DOKUMENTASI SATPOL PP DAN PMK KOTA TARAKAN)

“Alhamdulillah korban jiwa tidak ada. Awalnya memasak terus ada percikan api. Tapi untuk sebab pastinya nanti pasti dari kepolisian yang merilis. Ini hanya info salah seorang saksi mata,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, kemungkinan setelah terjadi ledakan diduga dari gas, ditambah ruangan tertutup menyebabkan cepat mengalir ke udara dan percikan api menyambar gas yang diduga meledak tersebut.

Baca juga: KPK Pastikan Eks Bupati Kutim Ismunandar & Terpidana Korupsi Selamat dari Kebakaran Lapas Tangerang

“ Ruangannya tertutup. Tapi saksinya selamat,” bebernya.

Armada yang dikerahkan total tujuh armada dari PMK Sektor Barat dan PMK Mako Kampung Satu. Terdiri dari tiga unit fire truck dan empat unit supply tank dengan jumlah personel dikerahkan sebanyak 25 orang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved