Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Pemkot Tarakan Serahkan Bankeu Parpol Rp 1 Miliar, Satu Parpol Tak Dicairkan, Begini Penyebabnya

Rp 1 miliar nilai bantuan keuangan yang diberikan Pemkot Tarakan secara keseluruhan kepada 12 partai politik di Kota Tarakan. 1 parpol tak dicairkan.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ HUMAS PEMKOT TARAKAN
Wali Kota Tarakan saat menandatangani bantuan keuangan bagi parpol, Selasa (28/9/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN – Total Rp 1 miliar nilai bantuan keuangan yang diberikan Pemkot Tarakan secara keseluruhan kepada 12 partai politik di Kota Tarakan.

Dikatakan Muhammad Haris, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tarakan, bantuan keuangan parpol tahun ini sama dengan tahun sebelumnya.

Artinya setiap tahun ada kewajiban pemerintah memberikan bantuan dalam rangka salah satunya digunakan untuk pendidikan politik di masing-masing parpol.

Baca juga: Daftar Parpol di Tana Tidung, Ada Dua yang Baru Terdaftar, Termasuk Partai Besutan Amien Rais

“Karena situasi saat ini masih pandemi, harapan kami pemerintah menyelipkan juga edukasi tentang Covid-19,” ujarnya.

Ia melanjutkan, ini menjadi tanggung jawab semua. Total ada 12 parpol yang seharusnya menerima bantuan keuangan (bankeu) dari Pemkot Tarakan. “Cuma ada satu parpol P3 ini belum mengajukan proposal. Semuanya sudah masuk di rekening masing-masing dan total generalnya perkiraan Rp 1 miliar lebih,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Nunukan Salurkan Bantuan Keuangan Rp 870 Juta untuk Parpol, Ketua DPC Gerindra Angkat Suara

Ia melanjutkan, pembagian berdasarkan SK Wali Kota Tarakan dan perolehan kursi di DPRD dan masing-masing perolehan suara. “Itu diberikan kepada parpol pemenang pemilu. Artinya partai yang ada kursi di DPRD. Misalnya PKB, Nasdem, Demokrat dan lainnya,” lanjutnya.

Wali Kota Tarakan saat menandatangani bantuan keuangan bagi parpol, Selasa (28/9/2021).
Wali Kota Tarakan saat menandatangani bantuan keuangan bagi parpol, Selasa (28/9/2021). (TRIBUNKALTARA.COM/ HUMAS PEMKOT TARAKAN)

ia menambahkan, nantinya sisa satu partai itu yang belum mengajukan proposal dan secara administrasi belum terpenuhi tentu tak bisa diberikan.

Baca juga: Ada Parpol Baru di Kaltara, Ketua DPD Partai Nusantara: Kita Sedang Persiapkan Kelengkapan DPAC

“Kalau laporan LPJ mereka tahun lalu semua sudah dikumpulkan. Mudahan adanya bimtek pertemuan ini agar setiap parpol memahami dan kedua mampu menjaga kondusivitas di Kota Tarakan. Itu harapan kita,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved