Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Rektor Uniba Diskusi dengan Menteri PUPR & Waketum PII, Isradi Tawarkan Konsep Blue City di IKN Baru

Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) berkesempatan diskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Ketua Umum PII terkait rencana IKN baru.

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Sumarsono
HO
Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Dr Isradi Zainal berkesempatan diskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Ketua Umum PII terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN - Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) berkesempatan diskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Ketua Umum PII terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Dalam kesempatan tersebut, Isradi menawarkan konsep Blue City untuk pengembangan IKN baru yang dibangun di wilayah sebagian Sepaku, Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara tersebut.

Diskusi santai bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR), sejumlah pejabat Kementerian PUPR dan Waketum PII Danis Sumadilaga membahas konsep dan rencana pembangunan IKN di Sepakunegara (sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kaertanegara) di Hotel Novotel, Balikpapan pada Jumat (8/9/2021).

Baca juga: Desain Smart City dan Smart Transportation di IKN Sepakunegara

Isradi yang saat ini menjabat Sekjen Forum Dekan Teknik Indonesia (FDTI) dan Sekjen Forum Rektor PII kembali menyampaikan konsep blue city yang pernah disampaikan kepada Menteri PUPR pada webinar Juli 2020 lalu.

Rektor Uniba Dr Isradi Zainal diskusi santar dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Ketua Umum PII terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru.
Rektor Uniba Dr Isradi Zainal diskusi santar dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Wakil Ketua Umum PII terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru. (HO)

Menurutnya, konsep blue city perlu dikembangkan di IKN baru, karena IKN berada di daerah yang dilalui Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II.

Selain itu, Kaltim memiliki sungai-sungai yang perlu dioptimalkan untuk menjadi air bersih dan air minum.

Konsep blue city juga memiliki makna untuk mengolah sumber air, menyediakan sumber air dan mengoptimalkan potensi laut dan krmaritiman.

Baca juga: UU IKN dan Tahapan Pembangunan Ibu Kota Negara Baru di Sepakunegara Kaltim

Sebelum berdiskusi dengan Menteri, di tempat terpisah Ketua PII Kaltim ini berdikusi secara intens terkait IKN dengan Waketum PII Danis dan sejumlah pejabat PUPR Kaltim.

Danis yang mantan Dirjen Cipta Karya mendampingi Menteri PUPR dalam kunjungan ke Balikpapan.

Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Dr Isradi Zainal berkesempatan diskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Hotel Novotel, Balikpapan.
Rektor Universitas Balikpapan (Uniba) Dr Isradi Zainal berkesempatan diskusi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono terkait rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Hotel Novotel, Balikpapan. (HO)

Sejumlah hal yang dibahas adalah pembangunan pendukung infrastruktur IKN dan rencana lokasi pembangunan pelabuhan.

Menurut Danis, yang juga Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) terpilih ini, lokasi untuk pelabuhan sudah disiapkan, tapi pengelolaannya akan  dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

(*)

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved