Breaking News:

Berita Malinau Terkini

Berbagi Ilmu Seputar Kopi, Cara Komunitas di Malinau Merawat Relasi Sesama Pelaku Usaha

Tiap Sabtu pagi, pengelola, penyeduh dan penggiat kopi di Malinau mengadakan pertemuan rutin. Salah satu cara merawat relasi sesama pelaku usaha.

Penulis: Mohamad Supri | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI
Sesi diskusi seusai pelatihan uji cita rasa kopi oleh Komunitas Malinau Coffee Enthusiast di Kedai Kopi Pikir, di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (23/10/2021). 

TRIBUNKALTARA.COM, MALINAU - Tiap Sabtu pagi, pengelola, penyeduh dan penggiat kopi di Malinau mengadakan pertemuan rutin.

Siang tadi, penyeduh dan sejumlah pengelola usaha kedai kopi tampak sedang berdiskusi mengenai teknik seduhan dan cita rasa kopi seusai praktik uji cita rasa kopi.

Praktik uji cita rasa atau dikenal dengan sebutan kopi Cupping tersebut merupakan program rutin mingguan anggota komunitas Malinau Coffee Enthusiast.

Baca juga: Tertarik Bisnis Kedai Kopi, Simak Latihan Coffee Cupping Keterampilan Dasar Observasi Cita Rasa Kopi

Ketua Komunitas Malinau Coffee Enthusiast, Christian Natalino menuturkan acara rutin mingguan tersebut tak lain untuk merawat hubungan antarsesama penggiat kopi di Malinau.

Dikemas dengan program rutin mingguan, uji cita rasa kopi yang diikuti penyeduh dan pengelola lintas kedai kopi di Malinau.

Baca juga: Peduli Korban Musibah Tarakan, Kedaiku Coffee dan Ratio Coffee Malinau Gelar Penggalangan Donasi

"Coffee Cupping ini program rutin tiap sabtu pagi. Jadi, penggiat kopi ngumpul, kita pelatihan sekaligus sharing," ujar pria yang akrab disapa Kris tersebut, Sabtu (23/10/2021).

Uji cita rasa kopi merupakan teknik dasar dalam menilai kelayakan dan kesesuaian penyajian serta pemilihan biji kopi. Pagi tadi dilaksanakan di Kedai Kopi Pikir Malinau Kota.

Pelatihan uji cita rasa kopi oleh Komunitas Malinau Coffee Enthusiast di Kedai Kopi Pikir, di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (23/10/2021
Pelatihan uji cita rasa kopi oleh Komunitas Malinau Coffee Enthusiast di Kedai Kopi Pikir, di Kecamatan Malinau Kota, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, Sabtu (23/10/2021 (TRIBUNKALTARA.COM/ MOHAMMAD SUPRI)

Seusai pelatihan, peserta mulai mendiskusikan tahapan uji cita rasa. Tampak anggota komunitas mulai bertukar pikiran terkait penilaian biji kopi yang diuji.

Pertemuan tersebut terasa hangat, pertukaran pendapat dan diskusi mencair. Meski melibatkan pelaku usaha dan pengelola kedai kopi, pertemuan tersebut jauh dari persaingan dan kompetisi.

Baca juga: Ivan Gunawan Ceritakan Survive di Tengah Pandemi Covid-19, Dari Jual Peyek Hingga Coffee Shop

"Ini wadah kita berbagi, wadah silaturahmi. Ada event atau hal-hal baru seputar kopi di Malinau kita bagi, bahas bersama. Pertemuan ini rutin, bergilir, semua kedai kena giliran," katanya.

Komunitas Malinau Coffee Ethusiast beranghotakan lebih dari 40 anggota, mulai dari penikmat, pengelola, penyeduh hingga pelaku usaha di Kabupaten Malinau.

(*)

Penulis : Mohammad Supri

Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved