Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Kebakaran 4 Rumah di Jalan Cik Di Tiro, BPBD Nunukan Beber Kerugian Capai Rp1,28 Milyar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan beber total kerugian kebakaran 4 bangunan rumah semi permanen dua lantai itu capai Rp1,28 Milyar.

Penulis: Febrianus Felis | Editor: Junisah
TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS
BPBD Nunukan salurkan bantuan sembako kepada korban kebakaran di Jalan Cik Di Tiro, RT 021 Kelurahan Nunukan Timur, Senin (08/11/2021), pagi 

TRIBUNKALTARA.COM, NUNUKAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nunukan beber total kerugian kebakaran 4 bangunan rumah semi permanen dua lantai itu capai Rp1,28 Milyar.

Hal itu diungkapkan oleh Kasubid Kedaruratan, BPBD Nunukan, Hasanudin.

"Data sementara untuk kerusakan bangunan dan perabotan rumah lainnya capai Rp1,24 miliar. Kalau kerugian berkisar Rp47-Rp50 juta. Jadi total diperkirakan capai Rp1,28 Milyar," kata Hasanudin kepada TribunKaltara.com, Senin (08/11/2021), pukul 12.00 Wita.

Baca juga: Sambangi Korban Kebakaran, Bupati Nunukan Asmin Laura akan Berikan Bantuan Sembako

Mengenai kebakaran tadi malam di Jalan Cik Di Tiro, RT 021 Kelurahan Nunukan Timur itu, hingga kini belum ada penetapan status tanggap darurat.

Menurut Hasan, aktivitas pihaknya hanya berupa penanganan biasa berupa pendataan jumlah korban dan dokumen yang hilang termasuk distribusi logistik.

Baca juga: Kebakaran di Nunukan Hanguskan 4 Bangunan, Sumber Api Diduga Berasal dari Dapur Rumah Salon

"Belum ada penetapan status tanggap darurat soal kejadian kebakaran tadi malam. Korban kebakaran kita sudah data dan sebagian mengungsi di rumah sanak keluarganya dan sebagian lagi di rumah tetangga," ucapnya.

Kendati begitu, kata Hasan pihaknya sudah mendirikan tenda untuk posko pengungsian bagi korban yang tidak memiliki tempat tinggal sementara.

Kondisi sebuah bangunan pasca kebakaran, Minggu (07/11/2021) di Jalan Cik Di Tiro, RT 021 Kelurahan Nunukan Timur, Senin (08/11/2021), pagi.
Kondisi sebuah bangunan pasca kebakaran, Minggu (07/11/2021) di Jalan Cik Di Tiro, RT 021 Kelurahan Nunukan Timur, Senin (08/11/2021), pagi. (TRIBUNKALTARA.COM/ FEBRIANUS FELIS)

"Bagi yang tidak punya tempat tinggal sementara, kami sudah dirikan tenda cukup luas buat korban. Standar penanganan bencana non alam tujuh hari," ujarnya.

Selain posko pengungsian, Hasan mengaku di lokasi yang sama juga disiapkan tempat pusat data korban dan bantuan.

Saat ini, beber Hasan pihaknya masih melakukan pendataan jumlah korban sesuai kategori dewasa dan anak-anak termasuk jenis kelamin.

Baca juga: Sebulan 3 Kali Kebakaran di Kabupaten Malinau, Damkar Berikan Tips Pencegahan dan Nomor Hotline 

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved