Breaking News:

Berita Balikpapan Terkini

Melalui Program Bina Desa, Poltekba Kembangkan Desa Wisata di Teritip Balikpapan Timur

Tim Program Bina Desa Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) untuk mengembangkan Desa Wisata di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan.

Editor: Sumarsono
IST
Tim Program Bina Desa Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melibat dosen dan mahasiswa memberikan pelatihan untuk pengembangan Desa Wisata di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kebijakan terkait pengembangan Desa Wisata menjadi salah satu prioritas dalam pengembangan pariwisata di Indonesia.

Bahkan pemerintah telah memasukkan pengembangan Desa Wisata ini dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Kebijakan tersebut disambut oleh Tim Program Bina Desa Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) untuk mengembangkan Desa Wisata di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan.

Program Bina Desa merupakan salah satu program pengabdian masyarakat yang diinisiasi oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Poltekba melibatkan dosen dan mahasiswa.

Tim Program Bina Desa Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) untuk mengembangkan Desa Wisata di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan.
Tim Program Bina Desa Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) untuk mengembangkan Desa Wisata di Kelurahan Teritip, Kota Balikpapan. (IST)

Diharapkan melalui program ini bisa menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa sehingga terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

Tim Bina Desa Wisata yang diketuai Yogiana Mulyani berfokus untuk penguatan tata kelola dan kelembagaan pengurus Desa Wisata Teritip.

Ada banyak potensi Daya Tarik Wisata (DTW) di Kelurahan Teritip,  seperti hutan mangrove, bendungan/Waduk Teritip, penangkaran buaya, pantai teritip (Tanjung Bayur dan Madani).

Baca juga: Tim Poltekba Beri Pelatihan Pembuatan Kue dan Roti bagi Santri Ponpes Salafiyah Subulus Salam

Ada juga kawasan agrowisata Gunung Bubukan, peternakan Gunung Binjai, dan sejumlah wisata alam lainnya seperti kebun karet, buah, dan persawahan.

Pengelolaan potensi desa wisata tersebut memerlukan SDM yang memahami terkait pengembangan desa wisata.

Oleh karena itu, dalam Program Bina Desa Poltekba dikembangkan program pelatihan dan pendampingan untuk pengurus Desa Wisata Teritip.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved