Breaking News:

Berita Daerah Terkini

Tim Poltekba Kembangkan Irigasi Tetes Berbasis IoT di Sepinggan, Bantu Petani Hemat Penggunaan Air

Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) mengembangkan irigasi tetes di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan.

Editor: Sumarsono
HO/Poltekba
Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) mengembangkan irigasi tetes membantu petani di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. 

TRIBUNKALTARA.COM, BALIKPAPAN - Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) mengembangkan irigasi tetes di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan.

Dengan sistem irigasi tetes ini diharapkan masyarakat petani bisa tetap menanam atau berkebun, meskipun musim kemarau.

Saat musim kemarau, kekeringan di daerah perkebunan milik Rahman, petani di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan kondisi tanah tidak layak sebagai lahan berkebun.

Untuk menjawab permasalahan terkait keterbatasan air untuk pertanian, Tim Poltekba yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Teknik Elektro dipimpin Qory Hidayati membuat percontohan system teknologi irigasi tetes air berbasis ToT.

Baca juga: Laksanakan Program PKM, Tim Dosen Poltekba Bantu Penerangan Jalan Umum di Kampung Pinisi Balikpapan

Tim Poltekba bekerjasama dengan salah satu pemilik lahan pertanian di Kelurahan Sepinggan untuk membuat lahan percontohan.

Sistem ini diharapkan bisa menjadi alternatif rujukan kepada para petani desa yang mengalami kendala dalam hal pengairan tanaman saat musim kemarau.

Qory Hidayati mengatakan, melihat permasalahan tersebut, sebagai bentuk pengabdian masyarakat, dosen dan mahasiswa Poltekba membuat inovasi untuk membantu petani.

Tim Pengabdian Masyarakat membuat inovasi, berupa sistem irigasi teknis tetes berbasis IoT (Internet of Things).

“Kami survei dulu, kemudian kami kembangkan ke mitra petani tomat dan lombok,” ujar Qory.

Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) mengembangkan irigasi tetes di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan.
Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) mengembangkan irigasi tetes di Kelurahan Sepinggan, Balikpapan Selatan. (HO/Poltekba)

Metode yang digunakan dalam merancang sistem irigasi tetes ini, terdiri dari perangkat keras dan perangkat hunak, termasuk pengembangan sistem.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved