Tips Otomotif

Jangan Dianggap Remeh, Telat Ganti Oli Motor Bisa Berakibat Fatal, Boros BBM hingga Rusak Permanen

Telat mengganti oli kendaraan bisa berakibat fatal. Jika dibiasakan akan menimbulkan kerusakan yang fatal hingga harus mengeluarkan biaya lebih.

Suzuki
Penggantian oli motor 

TRIBUNKALTARA.COM - Telat mengganti oli kendaraan bisa berakibat fatal. Jika dibiasakan akan menimbulkan kerusakan yang fatal hingga harus mengeluarkan biaya perbaikan lebih.

Berikut ini akan diulas akibat yang ditimbulkan dari keterlambatan mengganti oli motor.

Layaknya mesin pada umumnya, perawatan dibutuhkan untuk menjaga kinerjanya tetap optimal. Perawatan juga akan memperpanjang usia mesin, termasuk mesin motor yang setiap hari digunakan.

Salah satu perawatan paling umum dilakukan saat servis rutin adalah mengganti oli motor.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Pentingnya Kotak Hitam Dekat Ban pada Honda BeAt

Ingat bahwa oli adalah pelumas yang bekerja untuk menjaga mesin. Oli akan melumasi mesin supaya gesekan yang terjadi antar komponen berjalan lancar.

Di sisi lain, oli juga akan bekerja menyerap panas dari gesekan antara mesin tersebut. Setelah digunakan, kualitas oli untuk melumasi pun menurun yang disebabkan oleh gram pada mesin.

Dikutip dari Suzuki.co.id, berikut akibat yang ditimbulkan karena telat ganti oli motor yang bisa diwaspadai sejak awal:

Keluar Asap Putih dari Knalpot

Akibat pertama yang cukup berbahaya bagi mesin adalah blok silinder dan seher atau piston menjadi baret. Oli yang sudah lama tidak diganti, bukan hanya berkualitas buruk namun volumenya juga menurun.

Asupan oli mesin yang kurang ini akan meningkatkan gesekan yang terjadi antara piston dengan blok silinder. Akibatnya baret-baret pun akan muncul dan efeknya adalah muncul asap putih pada knalpot.

Baca juga: Solusi Mengatasi Suara Kasar di Roda Belakang Honda Vario

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved