Peringati Bulan K3, Pertamina EP Bunyu Field Gelar Upskilling First Aider

PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field, bagian dari Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan Zona 10, melaksanakan kegiatan Upskilling First Aider.

Editor: Sumarsono
HO/PEP Bunyu
Kegiatan Upskilling First Aider yang dilaksanakan Pertamina EP Bunyu Field melibatkan tenaga kerja jasa penunjang dan mitra kerja perusahaan di Gedung Nibung Patra PEP Bunyu, Sabtu (29/1/2022). (HO/PEP Bunyu) 

TRIBUNKALTARA.COM, BULUNGAN – PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field, bagian dari Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan Zona 10, melaksanakan kegiatan Upskilling First Aider di Gedung Nibung Patra PEP Bunyu, Sabtu, (29/1/2022).

Kegiatan yang menyasar para pekerja, tenaga kerja jasa penunjang dan mitra kerja perusahaan sebanyak 118 orang ini merupakan rangkaian acara dalam peringatan kampanye Bulan K3 Nasional Tahun 2022.

Salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari kecelakaan kerja adalah dengan Pengelolaan Emergency Response Preparedness (ERP).

Hal ini dilakukan dengan membentuk tim first aider yang handal, sebagai mitigasi bila ada kasus-kasus emergency terjadi di lapangan, mengingat lokasi PEP Bunyu Field berada di remote area yang jauh dari fasilitas Kesehatan.

PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field, bagian dari Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan Zona 10, melaksanakan kegiatan Upskilling First Aider di Gedung Nibung Patra PEP Bunyu, Sabtu, (29/1/2022).
PT Pertamina EP (PEP) Bunyu Field, bagian dari Subholding Upstream Regional 3 Kalimantan Zona 10, melaksanakan kegiatan Upskilling First Aider di Gedung Nibung Patra PEP Bunyu, Sabtu, (29/1/2022). (HO)

HSSE Superintendent Bunyu Field, Ronald Hendra mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan peserta mengenai alur penanganan kasus emergency dan alur pelaporan emergency case.

Ronald berharap, pelatihan tersebut dapat melahirkan Tenaga First Aider di lokasi operasi sesuai dengan aturan Permenakertrans RI No. Per.15/Men/VIII/2008.

Kegiatan Upskilling First Aider juga diisi oleh pemateri dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Borneo yang tergabung dalam keanggotaan Ambulance Gawat Darurat (AGD) 118.

Di mana materi yang diberikan berupa bantuan hidup dasar, lifting moving atau mobilisasi korban, penanganan pendarahan, dan stabilisasi korban.

Ronald Hendra menjelaskan, bahwa perusahaan memiliki peran untuk memberikan intervensi kepada pekerja, tenaga kerja jasa penunjang dan mitra kerja perusahaan agar memiliki pengetahuan pertolongan pertama jika terjadi emergency case.

Kegiatan Upskilling First Aider yang dilaksanakan PEP Bunyu Field, di Gedung Nibung Patra PEP Bunyu, Sabtu (29/1/2022). (HO/PEP Bunyu)
Kegiatan Upskilling First Aider yang dilaksanakan PEP Bunyu Field, di Gedung Nibung Patra PEP Bunyu, Sabtu (29/1/2022). (HO/PEP Bunyu) (HO/PEP Bunyu)

“Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali diri pekerja tentang pentingnya mengetahui ilmu P3K. Pelatihan ini merupakan bagian dari kepedulian dan intervensi dengan apa yang terjadi, jadi jika ada teman atau keluarga yang membutuhkan bantuan, kita bisa membantu sesuai dengan prosedur medis yang dipelajari," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved