Tips Otomotif

Waspada Maling, Begini Tips Memarkir Motor Agar Aman Bebas Aksi Pencurian

Berikut ini tips aman parkir motor agar tidak dicuri maling dijelaskan Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani.

suzuki.co.id
Motor bebek. (suzuki.co.id) 

TRIBUNKALTARA.COM - Berikut ini tips aman parkir motor agar tidak dicuri maling.

Tips memarkir motor agar tidak dicuri maling berikut dijelaskan Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani.

Menurut Agus Sani, salah satu cara agar motor aman dari maling saat diparkir ialah dengan mengunci setang sepeda ke arah kanan.

Dijelaskan Agus Sani, sebenarnya saat setang motor dibelokkan ke kiri saat diparkir menggunakan standar samping, lebih aman dari roboh.

"Namun karena maraknya pencurian motor jadi untuk mempersulit maling dalam menggunakan kunci T maka setang sebaiknya belok ke kanan," ucap Agus.

Baca juga: Tips Pintar Jual Motor Bekas Agar Tidak Buntung Amat

Dia melanjutkan, walaupun tindakan ini bisa mempersulit maling untuk beraksi, namun ditegaskan, tetap tidak bisa menjadi jaminan motor aman dari pencurian.

Katanya, perlu ada tindakan pengamanan lain, seperti pemasangan gembok tambahan pada motor.

"Jadi lebih aman adalah gunakan kunci atau gembok tambahan pada motor agar lebih aman dari pencurian. Jika perlu, gunakan kunci rahasia atau alarm di motor agar terhindar dari pencurian," kata dia.

Terakhir, terang Agus, perhatikan juga lokasi parkir motor.

Wajib memastikan motor tidak diparkir di tempat yang sepi dan rawan, tetapi usahakan parkir di tempat yang memiliki petugas parkir untuk memantau area parkir.

Baca juga: Intip Desain Motor Retro Benelli Imperiale 400, Tampilan Klasik Era Tahun 50an

Kasus pencurian motor yang menjadi perhatian beberapa waktu ini, terjadi di Cilincing.

Dikutip dari Megapolitan.Kompas.com, baru-baru ini sebuah sindikat curanmor yang kerap beraksi di CIlincing ternyata sudah delapan kali menjalankan aksinya, yang dijalankan mulai dari sore hingga malam hari.

"Hanya butuh waktu 5 menit (untuk mengambil motor), lebih dari 5 menit ditinggal. Mereka menggunakan kunci letter T (saat beraksi)," jelas Kapolsek Cilincing Kompol Robinson Manurung, seperti dikutip Kompas.com.

(*)

Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved