UMKM Kaltara

IWAPI Kaltara Siap Perdayakan Pelaku Usaha Wanita dan Sinergi dengan Pemerintah Daerah

Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (IWAPI Kaltara) siap memperdayakan pelaku-pelaku usaha di daerah melalui pelatihan.

Tribun Kaltara
Talkshow TribunKaltara bersama Ketua DPD IWAPI Provinsi Kaltara Hj Sri Sulartingisih dipandu Manager of Content TribunKaltara.com Sumarsono. Hadir pula Ketua IWAPI Kabupaten Bulungan dr Maharani Ayu Kusumaningrum, Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional Sri Andriani, dan Wakil Ketua Bidang Humas Nor Komariah. 

TRIBUNKALTARA.COM, TANJUNGSELOR – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Provinsi Kalimantan Utara (IWAPI Kaltara) siap memperdayakan pelaku-pelaku usaha di daerah melalui pelatihan dan pendampingan.

Selain itu, organisasi yang menaungi wanita pengusaha ini juga siap sinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka membangun ekonomi di Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal itu dikemukakan Ketua DPD IWAPI Provinsi Kaltara Hj Sri Sulartingisih dalam talkshow bersama TribunKaltara.com, Jumat (27/5/2022) sore.

Turut hadir dalam talkshow yang dipandu Manager of Content TribunKaltara.com Sumarsono, Ketua IWAPI Kabupaten Bulungan dr Maharani Ayu Kusumaningrum, Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional Sri Andriani, dan Wakil Ketua Bidang Humas Nor Komariah.

Baca juga: Hadirnya IWAPI Bantu Angkat Perekonomian Kaltara, Beri Kebebasan Berkreasi ke Pegusaha Wanita

Talkshow TribunKaltara bersama Ketua DPD IWAPI Provinsi Kaltara Hj Sri Sulartingisih dipandu Manager of Content TribunKaltara.com Sumarsono. Hadir pula Ketua IWAPI Kabupaten Bulungan dr Maharani Ayu Kusumaningrum, Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional Sri Andriani, dan Wakil Ketua Bidang Humas Nor Komariah.
Talkshow TribunKaltara bersama Ketua DPD IWAPI Provinsi Kaltara Hj Sri Sulartingisih dipandu Manager of Content TribunKaltara.com Sumarsono. Hadir pula Ketua IWAPI Kabupaten Bulungan dr Maharani Ayu Kusumaningrum, Wakil Ketua Bidang Hubungan Internasional Sri Andriani, dan Wakil Ketua Bidang Humas Nor Komariah. (HO/TribunKaltara)

Lebih lanjur Sri mengatakan, DPD IWAPI Kaltara yang akan dilantik pada 5 Juni 2022 mendatang telah melaksanakan berbagai program dan kerjasama dengan sejumlah pihak.

“Meskipun kami belum resmi dilantik, tapi sudah melakukan berbagai kerjasama dan melaksanakan kegiatan yang melibatkan para pelaku usaha di Kaltara,” ujarnya.

Dikemukakan, meskipun IWAPI merupakan wadah pelaku usaha, namun tidak menutup bagi masyarakat yang baru merintis usaha untuk bergabung.

Bahkan, kerja sama yang akan segera dilakukan ini juga melibatkan organisasi di luar profesi pelaku usaha, seperti Badan Penanggulangan Narkotika Daerah (BPND), SMK Negeri 1 Tanjung Selor, BI Kaltara, dan sejumlah instansi lainnya.

Baca juga: Dukung Para IRT Memulai Usaha, Ketua IWAPI Kaltara: Semangat Cari Pemasukan di Luar Pendapatan Suami

IWAPI Kaltara lanjut Sri memiliki 17 bidang yang mencakup seluruh program dan kegiatan IWAPI, termasuk bidang hubungan internasional.

Ditambahkan, IWAPI Kaltara akan berkoordinasi dan sinergi dengan Pemprov Kaltara serta Pemkab/Pemkot di Kaltara agar program kerja IWAPI bisa sejalan untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di Kaltara.

Banyak hal yang bisa dilakukan IWAPI, terutama di masa pandemi Covid-19  dimana semua sektor ekonomi mengalami penurunan.

“Kami membuka marketplace yang bisa menjadi wadah bagi pelaku usaha untuk memasarkan dan menjual produknya. Kami juga akan membantu pelaku usaha yang bergabung IWAPI jika mengalami kendala dalam pengurus perizinan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua IWAPI Kabupaten Bulunan Maharani Ayu Kusumaningrum.

Menurut owner Ayysthwtic Skin dan Laser di Tanjung Selor, Bulungan ini, banyak pelaku usaha wanita yang memerlukan wadah untuk mendapatkan informasi dan pendampingan dalam berusaha.

Melalui IWAPI ini diharapkan para pelaku usaha di Bulungan bisa mendapatkan pelatihan maupun pendampingan ketika nanti mengurus izin-izin usaha.

Baca juga: Tips Cantik dan Glowing di Hari Lebaran ala Owner Ayyshtetic Skin & Laser dr Maharani Ayu

Afternoon Coffee IWAPI Kaltara, Sabtu (22/1) di Cafe Leppakomai.
Afternoon Coffee IWAPI Kaltara, Sabtu (22/1) di Cafe Leppakomai. (HO/IWAPI Kaltara)

“Saya banyak mendapat informasi dan pelatihan yang berbisnis secara gratis di grup IWAPI. Apalagi di masa pandemi ini sangat perlu kita berinovasi bisnis online. Dan di IWAPI kita bisa mendapat pelatihan,” kata dr Ayu.

Dengan komitmen Bupati Bulungan terhadap pelaku UKMM, pihaknya yakin para pelaku usaha di Kabupaten Bulungan, khususnya pelaku usaha wanita bisa bangkit kembali.

Di akhir acara, Wakil Ketua Bidang Humas IWAPI Kaltara Nor Komariah mengajak masyarakat, khususnya pelaku usaha wanita di Kaltara untuk bergabung dengan IWAPI.

“Tidak harus punya usaha dulu, silakan yang mau gabung, termasuk kaum milenial bisa belajar menjadi pengusaha dengan ikut bergabung di IWAPI Kaltara,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved