Pemindahan IKN

IKN Nusantara Penggerak Ekonomi Indonesia Masa Depan

Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur ditujukan untuk mengurangi beban Kota Jakarta yang macet, tercemar, dan sebagai the sinking City.

Editor: Sumarsono
HO
Rektor Uniba Dr Isradi Zainal mendampingi Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan sejumlah pengurus DPP Parai Golkar di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. 

Oleh: Dr.Isradi Zainal

Rektor Uniba, Sekjen Forum Rektor PII, Direktur Indeks Survey Indonesia

TRIBUNKALTARA.COM - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur tidak saja ditujukan untuk mengurangi beban Kota Jakarta yang macet, tercemar, dan sebagai the sinking city dengan potensi terkena gempa yang tinggi.

Pemindahan IKN juga  untuk pemerataan ekonomi, pembangunan dan agar menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru atau penggerak ekonomi masa depan.

Dalam lampiran 2 UU IKN Nomor 3 tahun 2022 dinyatakan bahwa IKN sebagai penggerak ekonomi pada  masa depan didesain untuk progresif, inovatif, dan kompetitif dalam hal teknologi, arsitektur, tata kota, dan sosial.

Pendekatan strategi ekonomi superhub untuk memastikan sinergi paling produktif antara tenaga kerja, infrastruktur, sumber daya, dan jaringan serta untuk memaksimalkan peluang untuk semua.

Baca juga: Di Depan Ribuan Massa, Airlangga Hartarto Instruksikan Kader Golkar Dukung Pembangunan IKN Nusantara

Baca juga: ASN Pindah ke IKN Nusantara Dapat Rumah Gratis, Dhony Sebut akan Dibangun 13.000 Unit Tempat Tinggal

Presiden Joko Widodo yang tampil sebagai keynote speech pada CNBC Indonesia Economic Outlook 2002 di Israna Bogor menyatakan bahwa IKN Nusantara didesain untuk menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi masa depan, khususnya Indonesia timur.

Suasana di Titik Nol IKN Nusantara di tengah kunjungan Kapolri, Jendpol Listyo Sigit Prabowo dalam rangka Bakti Kesehatan, Jumat (17/6/2022). // DWI ARDIANTO
Suasana di Titik Nol IKN Nusantara di tengah kunjungan Kapolri, Jendpol Listyo Sigit Prabowo dalam rangka Bakti Kesehatan, Jumat (17/6/2022). // DWI ARDIANTO (Tribunkaltim.co)

Selain itu  diharapkan menjadi motor inovasi bagi akselerasi pembangunan ekonomi masa depan dan berharap agar para investor berkontribusi dalam proses ini.

Posisi strategis IKN Nusantara yang berada di tengah tengah Indonesia berpotensi menjadi penggerak perekonomian Kalimantan yang kaya dengan sumber daya alam.

Baca juga: Pendanaan dan CSR untuk Pembangunan IKN Nusantara

Hal ini dapat menjadi pemicu rantai nilai domestik di Indonesia timur dan Indonesia.

Lokasi IKN Nusantara yang berada di alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) II menempatkan Indonesia menjadi lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia, aliran investasi dan teknologi.

Posisi strategi ini akan menjadi penggerak ekonomi nasional masa depan. (*)

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved