Opini

Pengolahan Sampah, Lingkungan Hidup, dan Reklamasi Bekas Tambang di Ibu Kota Nusantara

Lokasi Titik 0 IKN sebagai ikon calon Ibu Kota Nusantara hampir tak pernah sepi dari kunjungan masyarakat, baik dari Kaltim maupun luar daerah Kaltim.

Editor: Sumarsono
HO
Rektor Uniba Dr Isradi Zainal bersama Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong dan staf di Kantor Kementerian LHK, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu 13 Juli 2022. 

Oleh: Dr Isradi Zainal

Rektor Uniba, Sekjen Forum Rektor PII, Direktur Indeks Survey Indonesia (Insurin)

TRIBUNKALTARA.COM – Sejak Sepaku, Penajam Paser Utara dan Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN), daerah tersebut jadi perhatian masyarakat.

Lokasi Titik 0 IKN sebagai ikon calon Ibu Kota Nusantara hampir tak pernah sepi dari kunjungan masyarakat, baik dari daerah di Kaltim maupun luar daerah.

Akibatnya, masalah sampah, lingkungan hidup, dan reklamasi bekas tambang pun menjadi pembicaraan hangat dari sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) maupun warga masyarakat.

Kami berkesempatan melakukan diskusi dengan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong dan staf di Kantor Kementerian LHK, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu 13 Juli 2022.

Baca juga: Orang Muda Kaltim Percaya Diri Ganjar Jadi Presiden 2024, Optimistis Tuntaskan Pembangunan IKN

Kebetulan kami berdua dan sejumlah Kementerian LHK dan instansi lainnya bersama tim transisi Otorita IKN.

Sampah di titik 0 IKN memang menjadi bahan pembicaraan masyarakat dan tim transisi Otorita IKN, termasuk Pemerintah setempat dan mencoba memecahkan masalah persampahan ini.

Dialog bersama Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong dan staf di Kantor Kementerian LHK, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu 13 Juli 2022.
Dialog bersama Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Alue Dohong dan staf di Kantor Kementerian LHK, Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu 13 Juli 2022. (HO)

Permasalahan ini mencuat saat Wamen KLHK Aluo Dohong berkunjung ke Titik 0 IKN untuk mempersiapkan kunjungan Presiden RI Joko Widodo ke Persemaian Mentawir, Bendungan Sepaku Semoi dan Titik 0 IKN.

Saat itu Wakil Menteri LHK dan tim berkesempatan menyiapkan sejumlah tempat sampah dengan desain unik.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved