Berita Tarakan Terkini

Sebut Dua Tahun Diperjuangkan, Dukung Asrama Transit di Tarakan jadi Lokasi Pelatihan Manasik Haji

Sebut dua tahun diperjuangkan, dukung Asrama Transit di komplek Masjid Baitul Izzah Islamic Center Tarakan jadi lokasi pelatihan manasik haji.

Penulis: Andi Pausiah | Editor: M Purnomo Susanto
TRIBUNKALTARA.COM/ANDI PAUSIAH
Peletakan batu pertama pembangunan Asrama Transit Haji di Kelurahan Kampung Empat, Sabtu (16/7/2022). 

TRIBUNKALTARA.COM, TARAKAN - Akhirnya setelah diperjuangkan kurang lebih dua tahun, pembangunan tahap satu Asrama Haji Transit di komplek Masjid Baitul Izzah Islamic Center, Kelurahan Kampung Empat Kota Tarakan resmi dimulai.

Wali Kota Tarakan, Khairul menghadiri langsung kegiatan peletakan batu pertama pada Sabtu (16/7/2022) siang kemarin.

Dikatakan Wali Kota Tarakan, dr.Khairul, M.Kes, dua tahun sebelumnya, di mana saat Kepala Kanwil Kemenag Kaltara periode sebelum Saifi, sudah melakukan diskusi mencari lokasi asrama transit haji di wilayah Provinsi Kaltara.

“Total sekitar dua tahun perkiraan usaha yang sudah dilakukan bersama Kakanwil sebelumnya berdiskusi untuk mencari Asrama Haji Transit yang dulu dimana akan diletakkan provinsi tapi karena persoalan lahan maka diserahkan ke Pemkot Tarakan,” ungkap Khairul.

Baca juga: Pertama Kali Digelar Pasca Pandemi Covid-19, Universitas Terbuka Tarakan Wisuda 400 Mahasiswa

Saat ditawari untuk pembangunan asrama transit haji, maka saat itu pihaknya pun siap menerima dan memilih wilayah di komplek Masjid Baitul Izzah Islamic Center Kota Tarakan.

“Saya sampaikan siap menerima itu dan area ini Islamic Center, karena memang nanti pengembangannya untuk itu. Ada pusat kajian Islam, ada asrama haji dan lainnya yang berbau islami,” ujarnya.

Di tahun 2020 lalu lanjutnya akhirnya mulai berproses dan akhirnya bisa disertifkasi lahannya di 2021 kemarin dan sekaligus pengusulan anggaran.

“Karena semua dari pusat kami hanya back up lahan saja. Harapan kita alhamdulillah kemarin pembangunan tahap satu sudah dimulai tapi saya kira itu belum sempurna,” ujarnya.

Lebih jauh ia menambahkan, nanti pembangunan masih akan terus dilanjutkan, karena di bawah naungan Kemenag RI dan diharapkan bisa dilengkapi yang kurang fasilitasnya.

“Dan bisa dimanfaatkan masyarakat Kaltara jadi bukan saja untuk haji, bisa juga untuk umrah. Jadi umrah kan banyak sekali, mungkin pelatihan untuk umrah tidak di hotel lagi tapi di asrama transit haji untuk pertemuan, pelatihan,” ujarnya.

Baca juga: Pembangunan Tahap Pertama Dimulai, Asrama Transit Haji di Tarakan Bakal Telan Anggaran Rp 136 Miliar

Termasuk keinginan Kakanwil menjadikan lokasi manasik haji atau pelatihan haji sepanjang tahun. Karena kalau manasik haji menjelang pemberangkatan haji, waktu terbatas.

“Dan banyak yang tidak sesuai. Sehingga menurut saya itu cukup bagus jika diwujudkan. Begitu juga bimbingan umrah,” pungkasnya.

(*)

Penulis: Andi Pausiah

Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved