UMKM Kaltara

UMKM Kaltara, Bisnis Kerajinan Manik yang Menjanjikan, Ubah Kopiah Biasa jadi Produk Kreatif

Salah satu UMKM Kaltara yang berkembang pesat sejak pandemi adalah usaha manik dari Icha Silver. Hingga kini ia menelorkan cukup banyak produk baru

Editor: Hajrah
Tangkapan Layar YouTube Tribun Kaltara Official
Pemilik usaha manik-manik khas Kaltara, salah satu UMKM Kaltara yang ada di Bulungan yang fokus memproduksi aneka jenis pernak pernik dari bahan manik saat berbincang dengan Tribun Kaltara di program Rumah UMKM. (Tangkapan Layar YouTube Tribun Kaltara Official) 

TRIBUNKALTARA.COM- Simak Berita UMKM Kaltara, kali ini datang dari perajin manik-manik asal Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara)  yang sukses mengubah sejumlah produk biasa menjadi kreatif dan bernilai seni tinggi.

Adalah Cahyono, pemilik usaha Icha Silver Collection yang berhasil membuat ragam produk dengan sentuhan manik-manik.

Jika umumnya kita melihat produk berbahan manik hanya serupa tas, kalung, atau gelang, maka ditangan Cahyono beragam benda disulap jadi produk kreatif yang kian diminati.

Salah satunya kopiah manik khas Kaltara.

Adapun kopiah manik yang diproduksi Cahyono bukan hanya memakai model kopiah hitam yang umum.

Namun Cahyono menyulap kopiah bulat dengan memberi aksen manik agar lebih menarik.

Apalagi motif manik yang ditambahkan merupakan khas Kalimantan sehingga diyakini makin menambah rasa percaya diri pemakaianya.

Menurut Cahyono untuk satu kopiah manik bulat dihargai dengan Rp 100 ribu.

Kata dia produk kopiah manik tersebut merupakan salah satu yang laris, sebab selain dipakai kaum muslim untuk beribadah, tak sedikit juga yang memanfaatkan untuk penghias kepala untuk acara tertentu.

"Memang dari dulu senang dengan kerajinan manik apalagi yang daerah khas seperti Dayak di Kaltara, itu coba dikombinasikan dan responnya bagus,"kata Cahyono.

Salah satu produk Inovatif Icha Silver yang mengkomninasikan kopiah dengan manik-manik. (Tangkapan Layar YouTube Tribun Kaltara Official)
Salah satu produk Inovatif Icha Silver yang mengkomninasikan kopiah dengan manik-manik. (Tangkapan Layar YouTube Tribun Kaltara Official) (Tangkapan Layar YouTube Tribun Kaltara Official)
Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltara
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved